DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BANJARMASIN
PENGARANG:RONI ROMADONI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-01


ABSTRAK

 

Hasil belajar merupakan hal yang penting yang digunakan para guru sebagai alat untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami suatu materi tertentu salah satunya pada mata pelajaran matematika. Matematika adalah salah satu mata pelajaran penting yang diajarkan di setiap satuan pendidikan di IndonesiaTetapi kenyataannya hasil belajar di Indonesia masih rendah seperti pada bidang studi matematika seperti yang terjadi di SMP Negeri 3 Banjarmasin. Faktor penyebabnya adalah kurang maksimalnya penerapan kurikulum 2013 yang dilaksanakan oleh guru karena keterbatasan waktu. Hal ini berdampak denganterlalu bergantungnya murid terhadap peran gurunya sehingga proses pembelajaran berpusat pada guru ( Teacher Centered). Dengan adanya teknologi seperti internet, dapat memberi peluang pemecahan masalah untuk membuat siswa menjadi mandiri dan proses pembelajaran menjadi berpusat kepada siswa (Students Centered)salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning menggunakan Google Classroom yang dipadukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pairs Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Learning menggunakan Google Classroom  yang dipadukan dengam model pembelajaran kooperatif tipe Think Pairs Share terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 3 Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan desain Nonequivalent Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Banjarmasin. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling serta dilakukan uji pendahuluan dan uji beda sehingga terpilih kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran Blended Learning dengan Google Classroom yang dipadukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pairs Share terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 3 Banjarmasin.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Blended Learning, Google Classroom,  Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pairs Share.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI