DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SKRIPSI IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA BANJARMASIN NOMOR 7 TAHUN 2013 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK (Studi di SDN Pasar Lama 1, SDN Sugai Miai 5 dan SDN Sungai Miai 11 Banjarmasin)
PENGARANG:Aftalia Rahmah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-01


ABSTRAK

 

Aftalia, Rahmah. D1A114001, 2019, Implementasi Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Nomor 7 Tahun 2013 Tentang Kawasan Tanpa Rokok (Studi di SDN Pasar Lama 1, SDN Sungai Miai 5 dan SDN Sungai Miai 11 Banjarmasin)”, Dibimbing oleh Avela Dewi dan Erma Ariyani.

Merokok merupakan sebuah kebiasaan yang dapat memberikan kenikmatan bagi si perokok, namun dilain pihak dapat menimbulkan dampak buruk bagi si perokok itu sendiri maupun orang-orang sekitarnya sehingga terciptalah Kawasan Tanpa Rokok salah satunya yaitu di sekolah. Sekolah merupakan  tempat/sarana bagi seorang pelajar untuk menuntut ilmu sehingga wajib untuk menerapkan kawasan tanpa rokok di lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dari Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Nomor 7 Tahun 2013 Tentang Kawasan Tanpa Rokok.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif.Informan dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru, murid dan wali murid. Teknik pengumpulan data  yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan menggambarkan kesimpulan/verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pegimplementasian peraturan daerah kawasan tanpa rokok oleh pemerintah kota Banjarmasin ke beberapa sekolah dasar yang ada di Kecamatan Banjarmasin Barat dan Kecamatan Banjarmasin Utara cukup efektif bagi SDN Pasar Lama 1 dan SDN Sungai Miai 5 apabila dilihat dari penerapan dan pelaksanaannya. Namun kurang efektif bagi SDN Sungi Miai 11 apabila dilihat dari pelaksanaannya karena kepala sekolah masih mentoleransi bagi guru-guru yang merokok di lingkungan sekolah.              Saran kepada pihak sekolah SDN Sungai Miai 11 untuk dapat menerapkan sanski tegas bagi yang merokok di lingkungan sekolah, dan kepada Pemerintah Kota Banjarmasin untuk memberikan pembinaan, pengawasan dan pengendalian kepada pihak sekolah.

Kata Kunci : Implementasi, Peraturan Daerah, Kawasan Tanpa Rokok

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI