DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH PENYELESAIAN POLYA DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN BANJARMASIN TENGAH
PENGARANG:NUR ROFI AH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-01


Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang diberikan pada setiap jenjang pendidikan yang merupakan mata pelajaran yang dinilai sulit oleh siswa. Soalmatematika berbentuk cerita seringkali dianggap sulit oleh para siswa, sehingga seringkali terdapat banyak sekali kesalahan siswa dalam menjawab soal matematika berbentuk cerita.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalammenyelesaikan soal matematika berbentuk cerita berdasarkan langkah penyelesaian Polya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.Populasi seluruh siswa kelas VII SMP NegeriSe-Kecamatan Banjarmasin Tengah. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling sehingga diambil sampel dari lima sekolah dengan jumlah 422 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes soal uraian dan dianalisis berdasarkan langkah penyelesaian Polya. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Banjarmasin Tengah dalam menyelesaikan soal cerita materi Aritmatika Sosial berdasarkan langkah penyelesaian Polya yaitu kesalahan memahami masalah termasuk ke dalam kesalahan dengan kategori kecil. Sedangkan, kesalahan menyusun rencana, kesalahan menyelesaikan perencanaan, dan kesalahan memeriksa kembali termasuk ke dalam kesalahan dengan kategori cukup tinggi.

 

Kata kunci: analisis kesalahan, soal cerita matematika, langkah penyelesaian Polya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI