DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Akuntabilitas Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin dalam Pengawasan Pelaksanaan Dokumen Lingkungan Di Kota Banjarmasin
PENGARANG:DEDY KIRANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-01


ABSTRAK

DEDY KIRANA. D1A115208. 2019. Akuntabilitas Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin dalam Pengawasan Pelaksanaan Dokumen Lingkungan di Kota Banjarmasin. Di bawah Bimbingan Sidderatul Akbar Sebagai Dosen Pembimbing.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin dalam rangka mengendalikan pencemaran lingkungan bertanggung jawab untuk melaksanakan pengawasan penerapan dokumen lingkungan di Kota Banjarmasin, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Akuntabilitas Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin dalam mengawasi pelaksanaan dokumen lingkungan di Kota Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan data primer dan sekunder yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin. Hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis data Miles dan Huberman.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Akuntabilitas Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin sudah cukup baik dalam pelaksanaan pengawasan penerapan dokumen di Kota Banjarmasin, baik dalam hal akuntabilitas hukum, akuntabilitas proses, akuntabilitas program maupun akuntabilitas kebijakan, karena cukup tingginya pemahaman atas tugas dan fungsi dari jabatan yang didelegasikan. Selanjutnya melihat hasil yang dicapai diantaranya telah termonitornya 46 badan usaha di Kota Banjarmasin untuk melihat kesesuaian penerapan dokumen dengan yang ada di lapangan. Kemudian dalam pengawasannya telah dilaksanakan sesuai dengan visi dan misi Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin. Serta mereka telah menerbitkan SK rekomendasi dan SK izin lingkungan sebagai keputusan selanjutnya. Adapun kendala yang dihadapi dalam hal pengawasan diantaranya kekurangan SDM (aparat/petugas) yang professional, kurangnya koordinasi antar instansi. serta terbatasnya anggaran dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Disarankan oleh peneliti hendaknya : (1) diperlukan komitmen dan dukungan semua pihak untuk memperteguh pelaksanaan pengawasan dokumen dalam rangka perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Kota Banjarmasin, (2) dukungan pendanaan yang cukup juga sama pentingnya, semoga nanti kedepannya dalam hal anggaran bisa lebih memadai. (3) selanjutnya, semoga kedepannya dapat mengadakan lebih banyak pelatihan dalam setiap pelaksanaan kegiatan dalam rangka pengelolaan lingkungan hidup di Kota Banjarmasin. (4) terakhir, bagi peneliti selanjutnya diharapkan mempersiapkan waktu dengan baik, serta disarankan mencari referensi lebih banyak lagi.

 

Kata Kunci :  Akuntabilitas, Dinas, Dokumen, Pengawasan, Lingkungan Hidup.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI