DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE QUASY EKSPERIMEN DI MAN 2 MODEL BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | SYAHRUJI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-08-01 |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan metode mengajar di kelas dengan menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab dengan metode Quasy Eksperimen di MAN 2 Model Banjarmasin yang mengakibatkan pengaruh terhadap hasil akhir berupa ada peningkatan dalam segi pemahaman siswa dan hasil belajarnya. Jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan Eksperimen Semu (Quasy Eksperimen), Teknik Analisis data menggunakan N-Gain dan Uji-t untuk membandingkan nilai hasil penelitian di dua kelas yang berbeda.
Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan hasil belajar dengan metode pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah yaitu dengan rata-rata nilai54,87 mengalami peningkatan dari nilai awal (pre-test) yaitu 32,81 sedangkan kelas (Eksperimen) diberikan tindakan dengan pembelajaran metode ceramah dan tanya jawab mengalami peningkatan juga dengan nilai hasil belajar 48,05 berubah dari nilai awal sebesar 14,85 pada kelas (kontrol). Hasil perhitungan dengan membandingkan metode belajar di sekolah dapat menjadi acuan untuk menggunakan metode belajar yang tepat guna meningkatkan nilai belajar dan pemahaman siswa.
Kata Kunci: Pendidikan, Metode Belajar, Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI