DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONDISI KENYAMANAN TERMAL RUANG KELAS SEKOLAH TINGKAT SMA SEDERAJAT BANJARMASIN BARAT
PENGARANG:ZULKIFLI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-01


INTISARI

 

Judul dalam penelitian ini adalah “Kondisi Kenyamanan Termal Ruang Kelas Tingkat SMA Sederajat Banjarmasin Barat. Penelitian ini menggunakan metode  deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah ruang kelas dengan jumlah 18 ruang kelas,teknikpengumpulan data menggunakan observasi, studi dokumen dan studi pustaka. Analisis data menggunakan Software Center For The Built Environment ASHRAE 55, persentase, dan analisis statistik sederhana, yaitu Metode Produck Moment. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari aspek fisik, fisiologis dan psikologis.

Hasil dalam penelitian ini adalah nilai PMV (Predicted Mean Vote) tiap ruang kelas sekolah di SMA Sederajat Banjarmasin Barat berkisar 0,01 sampai 2,81 dan nilai PPD (Predicted Percentage of Dissatisfie) berkisar antara 5,00% sampai 96,00%, sedang tanggapan siswa terhadap kondisi kenyamanan termal ruang kelas di SMA Sederajat Banjarmasin Barat berdasarkan aspek psikologis jam pelajaran 1-4 merasa nyaman, jam pelajaran 5-6 merasa sedikit hangat dan jam pelajaran 7-10 merasakan hangat sampai panas. Ada hubungan yang segnifikan indeks kenyamanan termal dengan tanggapan siswa sesuai dengan tabel korelasi dari SPSS 22 karena pengaruh lingkungan fisik dilingkungan sekitar sekolah.

 

Kata Kunci: Kenyamanan Termal, Ruang Kelas, Psikologis Siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI