DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Resiliensi Matematis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah se-Kota Banjarmasin Tahun Pelajaran 2018/2019
PENGARANG:M. NOOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-02


Abstrak:Resiliensi matematis adalah sikap adaptif positif dan daya juang siswa dalam belajar matematika meski menghadapi kesulitan dan hambatan sedangkan hasil belajara adalah segala sesuatu yang diperoleh siswa setelah melakukan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis Resiliensi Matematis dan mengetahui hasil belajar serta untuk mengetahui keterkaitan diantara Resiliensi Matematis dengan hasil belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah se-Kota Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah se-Kota Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 416 siswa. Instrumen penenlitian ini berupa kuisioner Resiliensi Matematis yang terdiri dari 40 item pernyataan. Teknik analisis data dalam penenlitian ini dengan menggunakan tabulasi skor total masing-masing item. Setelah mentabulasi data, data tersebut kemudian dihitung dan dikategorikan berdasarkan kategorisasinya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Resiliensi Matematis pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah se-Kota Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019 lebih dari 50% siswa terdapat pada kategori sedang. Sedangkan untuk aspek indikatornya dari aspek optimism, aspek empathy, aspek self-efficacy, aspek reaching out, aspek causal analysis, aspek emotion regulation, dan aspek impuls control ketujuh aspek tersebut sama-sama memiliki kategorisasi yang paling dominan adalah sedang. Sedangkan untuk hasil belajar memiliki kategori cukup. Hasil analisis hubungan Resiliensi Matematis dengan hasil belajar, terdapat hubungan yang signifikan diantara Resiliensi Matematis dan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI