DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Perbedaan Perilaku Menolong Anak Usia Dini Yang Diberikan Metode Cerita Moral Yang Menekankan Emosi Positif Pengamat dan Metode Cerita Nonmoral di PAUD IT Robbani Banjarbaru | |
PENGARANG | : | ASMAUL FAUZIAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-08-02 |
Masa usia dini merupakan masa penting dengan pola pertumbuhan dan
perkembangan dalam berbagai aspek. Pada masa ini upaya membangun sikap
penting untuk dilakukan dengan meningkatkan aspek kecerdasan moral.
Perkembangan moral berhubungan dengan nilai moral tentang bagaimana
seseorang berhubungan dan bertingkah baik kepada orang lain, termasuk perilaku
menolong kepada sesama. Penelitian ini menggunakan metode cerita moral yang
menekankan emosi positif pengamat karena mampu mendukung perkembangan
moral anak terutama pada intensi dan perilaku. Penelitian ini adalah penelitian
replikasi yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku menolong anak
usia dini yang diberikan cerita moral dan nonmoral. Penelitian ini menggunakan
teknik purposive sampling dengan kriteria subjek anak berusia 5-6 tahun, kategori
normal atau tidak berkebutuhan khusus, serta belum pernah membaca atau
mendengarkan cerita dalam intervensi. Subjek penelitian berjumlah 15 anak pada
masing-masing kelompok eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil independent
sample t-test, terdapat perbedaan pemahaman cerita kedua kelompok
(0.022<0.05). Uji Ancova menunjukkan perbedaan niat menolong kedua
kelompok (0.044<0.050) sedangkan hasil perilaku menolong menujukkan tidak
adanya perbedaan (sig. 0.051<0.050). Kesimpulan penelitian adalah terdapat
perbedaan niat menolong namun tidak ada perbedaan perilaku menolong anak
usia dini yang diberikan metode cerita moral yang menekankan emosi positif
pengamat dan cerita nonmoral.
Kata Kunci :Cerita Moral, Perilaku Menolong, Anak Usia Dini
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI