DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DI KELAS X SMA
PENGARANG:ARYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-02


Soal HOTS merupakan soal yang menuntut siswa bepikir lebih tinggi daripada hanya mengingat, memahami, atau menerapkan. Pemberian soal HOTS mampu melatih siswa dalam membuat prediksi, memberi solusi, dan memecahkan masalah kehidupan sehari-hari. Banyak siswa menganggap soal HOTS ini sulit dan siswa sering melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal HOTS tersebut. Oleh karena itu dilakukan penelitian analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal berorientasi HOTS bedasarkan prosedur Newman di kelas X SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas X SMA dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan prosedur Newman pada tahap membaca, tahap memahami, tahap mentransformasi, tahap memproses, dan tahap penulisan jawaban akhir. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X jurusan IPA pada sekolah yang pernah menerapkan soal HOTS di Banjarmasin Tengah. Kelas sebagai sampel penelitian dipilih  menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dengan soal tes uraian dan dianalisis berdasarkan prosedur Newman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan berdasarkan prosedur Newman pada tahap membaca termasuk kategori kesalahan sangat kecil, tahap memahami termasuk kategori kesalahan kecil, tahap mentransformasi termasuk kategori kesalahan kecil, tahap memproses termasuk kategori kesalahan cukup tinggi dan tahap penulisan jawaban akhir termasuk kategori kesalahan cukup tinggi.

 

Kata kunci : analisis kesalahan, soal HOTS matematika, prosedur Newman

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI