DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA PELAYANAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL (DISDUKCAPIL) DALAM PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:Fikriya Labiba
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-02


 

ABSTRAK

 

 

 

Labiba, Fikriya. D1A114011, 2019, “Kinerja Pelayanan dalam Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu”, Dibimbing oleh Widyakanti dan M. Nur Iman Ridwan.

 

 

 

 

 

Rendahnya kualitas layanan publik yang terjadi akhir-akhir ini adalah salah satu sorotan yang diarahkan pada pemerintah dalam memberikan layanan kepada publik. Ini terlihat dari banyaknya pengaduan dari masyarakat, baik secara langsung maupun melalui media massa, seperti prosedur yang berbelit-belit, tidak ada kepastian periode penyelesaian, biaya, persyaratan yang tidak transparan, sikap petugas yang kurang responsif, dll. memunculkan citra pemerintahan yang tidak menguntungkan.

 

 

 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kinerja pelayanan pembuatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pelayanan pembuatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu.

 

 

 

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil Kasi Kelahiran dan Kematian Staf pelayanan pembuatan Akta Kelahiran, dan Masyarakat yang sudah membuat Akta Kelahiran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

 

 

 

Dari hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa kinerja pelayanan dalam pembuatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu berdasarkan 5 indikator, yaitu produktifitas, kualitas layanan, responsifitas, responsibilitas dan akuntabilitas cukup baik. Hanya saja ada beberapa hal yang harus ditingkatkan lagi. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan pembuatan akta kelahiran yaitu faktor pendukung yakni penghargaan sarana dan prasarana, serta gaji yang mencukupi , kemudian faktor penghambat yakni kejenuhan dalam pekerjaan yang monoton dan karakter pegawai yang buruk.

 

 

 

 

 

 

 

Kata Kunci : Kinerja, Pelayanan, Pembuatan Akta Kelahiran

 

 

 
 

i

 


 

 

ABSTRACT

 

 

 

Labiba, Fikriya. D1A114029, 2018, “Service Performance In The Making Of Birth Certificates  In The Department At The Population And Civil Registration Service Of Tanah Bumbu Regency”, Guided by Widyakanti dan M. Nur Iman Ridwan.

 

 

 

The low quality of public services is happening lately is one beam that is directed at the government in providing services to the public. This is evident from the number of complaints from the public, both directly and through the mass media, such as a convoluted procedure, there is no certainty of completion period, costs, requirements that are not transparent, the attitude of officers who are less responsive, etc; giving rise to unfavorable image of the government.

 

 

 

This research was conducted to find out how the performance of the birth certificate service at the Population and Civil Registration Service of Tanah Bumbu Regency and what factors influence the service of making birth certificates at the Population and Civil Registration Service of Tanah Bumbu Regency.

 

 

 

The research method used in this study is descriptive qualitative. The subject of this research is the Head of the Population and Civil Registry Service, Head of the Civil Registration Service of the Birth and Death Staff of the service of making birth certificates, and the community that has made a birth certificate. Data collection techniques used are observation, interview and documentation. Data analysis techniques include data reduction, data presentation and conclusion drawing.

 

 

 

From the results of this study, it can be seen that service performance in making birth certificates at the Population and Civil Registration Service of Tanah Bumbu Regency is based on 5 indicators, namely productivity, service quality, responsiveness, responsibility and accountability quite well. It's just that there are a number of things that need to be improved. Factors that influence the service of making a birth certificate are supporting factors, namely the awarding of facilities and infrastructure, as well as sufficient salary, then the inhibiting factor, which is saturation in a monotonous work and bad employee character.

 

 

 

 

 

 

 

 

Keywords: Service, Making Birth Certificate

 

ABSTRAK

 

 

 

Labiba, Fikriya. D1A114011, 2019, “Kinerja Pelayanan dalam Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu”, Dibimbing oleh Widyakanti dan M. Nur Iman Ridwan.

 

 

 

 

 

Rendahnya kualitas layanan publik yang terjadi akhir-akhir ini adalah salah satu sorotan yang diarahkan pada pemerintah dalam memberikan layanan kepada publik. Ini terlihat dari banyaknya pengaduan dari masyarakat, baik secara langsung maupun melalui media massa, seperti prosedur yang berbelit-belit, tidak ada kepastian periode penyelesaian, biaya, persyaratan yang tidak transparan, sikap petugas yang kurang responsif, dll. memunculkan citra pemerintahan yang tidak menguntungkan.

 

 

 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kinerja pelayanan pembuatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pelayanan pembuatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu.

 

 

 

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil Kasi Kelahiran dan Kematian Staf pelayanan pembuatan Akta Kelahiran, dan Masyarakat yang sudah membuat Akta Kelahiran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

 

 

 

Dari hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa kinerja pelayanan dalam pembuatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu berdasarkan 5 indikator, yaitu produktifitas, kualitas layanan, responsifitas, responsibilitas dan akuntabilitas cukup baik. Hanya saja ada beberapa hal yang harus ditingkatkan lagi. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan pembuatan akta kelahiran yaitu faktor pendukung yakni penghargaan sarana dan prasarana, serta gaji yang mencukupi , kemudian faktor penghambat yakni kejenuhan dalam pekerjaan yang monoton dan karakter pegawai yang buruk.

 

 

 

 

 

 

 

Kata Kunci : Kinerja, Pelayanan, Pembuatan Akta Kelahiran

 

 

 
 

i

 


 

 

ABSTRACT

 

 

 

Labiba, Fikriya. D1A114029, 2018, “Service Performance In The Making Of Birth Certificates  In The Department At The Population And Civil Registration Service Of Tanah Bumbu Regency”, Guided by Widyakanti dan M. Nur Iman Ridwan.

 

 

 

The low quality of public services is happening lately is one beam that is directed at the government in providing services to the public. This is evident from the number of complaints from the public, both directly and through the mass media, such as a convoluted procedure, there is no certainty of completion period, costs, requirements that are not transparent, the attitude of officers who are less responsive, etc; giving rise to unfavorable image of the government.

 

 

 

This research was conducted to find out how the performance of the birth certificate service at the Population and Civil Registration Service of Tanah Bumbu Regency and what factors influence the service of making birth certificates at the Population and Civil Registration Service of Tanah Bumbu Regency.

 

 

 

The research method used in this study is descriptive qualitative. The subject of this research is the Head of the Population and Civil Registry Service, Head of the Civil Registration Service of the Birth and Death Staff of the service of making birth certificates, and the community that has made a birth certificate. Data collection techniques used are observation, interview and documentation. Data analysis techniques include data reduction, data presentation and conclusion drawing.

 

 

 

From the results of this study, it can be seen that service performance in making birth certificates at the Population and Civil Registration Service of Tanah Bumbu Regency is based on 5 indicators, namely productivity, service quality, responsiveness, responsibility and accountability quite well. It's just that there are a number of things that need to be improved. Factors that influence the service of making a birth certificate are supporting factors, namely the awarding of facilities and infrastructure, as well as sufficient salary, then the inhibiting factor, which is saturation in a monotonous work and bad employee character.

 

 

 

.

 

 

 

 

 

 

 

Keywords: Service, Making Birth Certificate

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI