DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kinerja Sekretariat DPRD dalam memberikan pelayanan terhadap anggota DPRD
PENGARANG:SILAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-02


ABSTRAK

SILAWATI. D1A115024. 2019. Kinerja Sekretariat DPRD Dalam Memberikan Pelayanan Terhadap Anggota DPRD Kota Banjarmasi. Dibimbing oleh Aulia

Sekretariat DPRD memiliki peran yang sangat strategis dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan penyelenggaraan pemerintah di daerah, khususnya dalam mendukung kelancaran pelaksanaan tugas Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sebagai unsur Penyelenggara Pemerintah Daerah. Permasalahan yang menyangkut dalam pelayanan Sekretariat DPRD yaitu ada terdapat pegawai kurang displin seperti datang terlambat, pulang sebelum jam kerja usai, adanya pegawai yang jarang masuk kantor, serta masih ada pegawai yang kurang mahir dalam mengoperasikan komputer. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang bagaimana kinerja Sekretariat DPRD dalam memberikan pelayanan terhadap anggota DPRD Kota Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data meliputi penyajian data, reduksi data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Sekretariat DPRD Kota Banjarmasin dalam memberikan pelayanan terhadap anggota DPRD Kota Banjaramasin sudah cukup baik dilihat dari pelaksanaan tugas dengan rencana strategis yang disusun setiap tahunnya dan Dalam mendukung fasilitas kerja serta memberdayakan kemampuan sumberdaya aparatur yang handal dengan adanya workshop, pelatihan, sosialisasi dan bimbingan teknis terhadap regulasi dan pelaksanaan tri fungsi bagi anggota dewan maka akan memberikan dampak yang baik terhadap anggota Dewan. Namun dalam segi disiplin kerja kurang baik dalam pemanfaatan alokasi waktu disiplin kerja hal ini dikarenakan pada saat jam kerja belum ada petugas khusus yang mengawasi.

Dalam penelitian ini disarankan hendaknya : (1) kepada seluruh pegawai Sekretariat DPRD untuk terus meningkatkan kinerjanya dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan agar kedepannya lebih baik lagi. (2) Lebih di tingkatkan lagi koordinasi dan komunikasi yang jelas antar alat-alat kelengkapan DPRD, Sekretariat DPRD terkait dengan fasilitasi kegiatan DPRD agar semua agenda berjalan dengan sebaik-baiknya. (3) Dipertegas jadwal pelaksanaan kegiatan DPRD sehingga fasilitasi sekretariat DPRD menjadi lebih mudah dan terlaksanakan dengan baik.

 

Kata Kunci: Kinerja, Pelayanan, Anggota DPRD

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI