DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pelayanan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kampung Keluarga Berencana (KB) di Kelurahan Sungai Andai Kecamatan Banjarmasin Utara
PENGARANG:F ITRIANIE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-02


FITRIANIE. D1A115211. 2019. Pelayanan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kampung Keluarga Berencana (KB) di Kelurahan Sungai Andai Kecamatan Banjarmasin Utara. Dibawah bimbingan Dr. Taufik Arbain M.Si.

            Kampung Keluarga Berencana Kelurahan Sungai Andai Kecamatan Banjarmasin Utara mempunyai tugas pokok melaksanakan perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga sejahtera dalam meningkatkan pelayanan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga  kepada masyarakat. Permasalahan yang menyangkut dalam pelayanan Program KKBPK yaitu : (1) Tingginya angka kelahiran, (2) kurangnya kesadaran petugas dalam memberikan informasi masyarakat tentang hak reproduksi, (3) tingginya laju pertumbuhan penduduk.

            Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskripsi kualitatif. Untuk memperoleh informasi atau data-data dilakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.

            Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelayanan Program KKBPK di Kampung KB masih belum maksimal dikarenakan kurangnya informasi sosialisasi mengenai program KKPBPK (2) Pelaksanaan Kegiatan yang diberikan oleh PLKB dan Sub PPKBD belum maksimal karena kurangnya informasi mengenai pelayanan program kepada masyarakat sehingga kurangnya partisipasi masyarakat terhadap kegiatan BKB dan PUS (3) Evaluasi dan  monitoring serta penyusunan laporan hanya dikerjakan oleh petugas (PLKB dan Sub PPKBD) tanpa melibatkan masyarakat karena laporan merupakan hal yang penting untuk dipertanggung jawabkan (4) sarana dan prasarana serta tenaga medis yang berkompeten cukup maksimal sehingga mendukung pelayanan program tersebut.

            Dalam penelitian ini disarankan hendaknya : (1) Kepada PLKB dan Sub PPKBD yang terlibat dalam kegiatan Pelayanan Program agar lebih memfokuskan dalam hal pelayanan kegiatan di Kampung KB agar terlaksananya dengan baik, (2) Kepada PLKB dan Sub PPKBD lebih memfokuskan dalam memberikan informasi seperti door to door agar mereka mau berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang dilakukan di kampung KB, (3) Kepada tenaga medis hendaknya mempertahankan serta meningkatkan kinerja agar terjalannya program dengan baik.

Kata Kunci : Program KKBPK, Pelayanan Publik, keluarga Berencana

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI