DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMAN 12 BANJARMASIN PADA MATERI PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM SECARA EKO-EFISIENSI
PENGARANG:RONIKHA IMAWWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-03


INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada submateri pemanfaatan sumber daya alam secara eko-efisiensi di Kelas XI IPS SMAN 12 Banjarmasin. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control grup design. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda berjumlah 25 butir soal. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS dengan sampel kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 yang ditentukan dengan teknik simple random sampling.  Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan rata-rata skor hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran project based learning sebesar 79,76 dan rata-rata skor hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan metode 5 M K-13 sebesar 65,93. Dari Uji Independent Sample t-Test diperoleh Thitung lebih besar daripada Ttabel yaitu 4,441 > 2,004.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan signifikan hasil belajar peserta didik yang diberi perlakuan model project based learning lebih tinggi dari hasil belajar peserta didik yang diberikan metode 5 M K-13, artinya model project based learning mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pemanfaatan sumber daya alam secara eko-efisiensi. Hal ini dikarenakan model project based learning merupakan salah satu pendekatan kontekstual dan menjadikan peserta didik sebagai pusat dalam pembelajaran. Penerapan model project based learning ini, guru diharapkan mampu menguasai dan mengembangkan keterampilan, karena model ini berbeda dengan model pembelajaran lainnya. Guru akan merasa sedikit kesulitan dalam menyiapkan alat dan bahan dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Manfaat yang didapatkan dengan menggunakan model project based learning adalah meningkatkan motivasi belajar peserta didik, kemampuan memecahkan masalah.

Kata Kunci: geografi, hasil belajar, project based learning.

 

ABSTRACT

This research of aims to examine the influence of the project based learning model on students’ learning outcomes in the submaterial of Eco-Efficiency Utilization of Natural Resources. This research is quasy experimental research with nonequivalent control group design. The instrument was in the form of a multiple choice test consisting of 25 items. Population in this research were the entire class XI IPS with the sample class XI IPS 1 and XI IPS 2 determined by sample random sampling. Data collected used test and documentation technique. The analysis showed average results of student learning using project based learning model was 79,76 and the average student learning outcomes taught using 5 M K-13 which was 65,93. From the Independent Sample t-Test, obtained Tcount > Ttable 4,441 > 2,004. The value effect size was project based learning model had a positive influence on the student learning and able to improve student learning outcomes. This is because the project based learning model is one of the contextual approaches and makes students center of learning. Implementation of this project based learning model, teachers are expected to be able to master and develop skills, because this model is different from other learning models. The teacher will feel a little difficulty in preparing tools and materials and requires a long time. The benefits obtained by using the project based learning model are increasing students learning motivation, problem solving skills.

Keywords: geography, learning outcomes, project based learning.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI