DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN AKTIVITAS FISIK PBM PENJAS KOMPONEN KECEPATAN DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KEBUGARAN JASMANI PESERTA DIDIK SMPN 1 DAN SMPN 5 BANJARBARU SELATAN
PENGARANG:F ITRIYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-03


ABSTRAK

 

 

FITRIYANTI, NIM A1D115211, 2019, Peran Aktivitas Fisik PBM Pendidikan Jasmani Komponen Kecepatan dan Sarana Prasana Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik Kelas VII Usia 13-15 Tahun SMP Negeri 1 Banjarbaru dan SMP Negeri 5 Banjarbaru Kecamatan Banjarbaru Selatan. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Drs. Athar, M.Kes (II) Dr. Ma’ruful Kahri,M.Pd.

 

            Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas fisik PBM komponen kecepatan terhadap tingkat kebugaran jasmani peserta didik kelas VII usia 13-15 tahun SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 5 Banjarbaru.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode expost facto dengan teknik pengambilan data tes pengukuran, wawancara, dan observasi.

            Populasi dalam  penelitian ini adalah peserta didik kelas VII usia 13-15 tahun di SMPN 1 Banjarbaru dan SMPN 5 Banjarbaru Kecamatan Banjarbaru Selatan yang berjumlah 310 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan sistematik sampling sehingga didapat 30.

            Hasil : Tingkat kebugaran jasmani SMPN 1 Banjarbaru yang  berkategori Baik Sekali (BS) 0 (0%) peserta didik, Baik (B) 1 (6,67%), Sedang (S) 7 (46,67%), Kurang (K) 7 (46,67%),  Kurang Sekalli (KS) 0 (0%). Sedangkan untuk SMPN 5 Banjarbaru yang berkategori Baik Sekali (BS) 0 (0%) peserta didik , Baik (B) 0 (%) , Sedang (S) 6 (40%), Kurang (K) 9 (60%), Kurang Sekali (SK) 0 9%).

Kesimpulan penelitian ini adalah aktivitas Fisik PBM komponen kecepatan memiliki peran terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani peserta didik kelas VII usia 13-15 Tahun SMP Negeri 1  dan  SMP Negeri 5 Banjarbaru. dan Sarana Prasarana yang berkategori baik memiliki peran terhadap terhadap tingkat kebugaran jasmani peserta didik kelas VII usia 13-15 Tahun SMPN 1 Banjarbaru dan SMPN 5 Bnjarbaru kecamatan  Banjarbaru selatan.

 

 

 

Kata Kunci :Tingkat  Kebugaran Jasmani, Komponen Kcepatan, Sarana Prasana

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI