DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING DEPAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TUTOR TEMAN SEBAYA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 3 GUNTUNG PAYUNG
PENGARANG:RIZKI EKA YUNIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-03


ABSTRAK

 

 

RIZKI EKA YUNIANTI, NIM A1D115236, 2019, Analisis Peningkatan Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan Menggunakan Pendekatan Tutor Teman Sebaya Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Guntung Payung. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Drs. Said Abdillah M.Pd (II)Edwin Wahyu Dirgantoro S.Or, M.Pd.

 

            Tujuan penelitian ini adalahingin mengetahui Peningkatan Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Guntung Payung.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif (Kualitatif) dengan teknik pengambilan data obeservasi,dan dokumen.

            Populasi dalam  penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Guntung Payung tahun  ajaran  2018/2019 yang berjumlah 10 orang peserta didik, yang terdiri dari 8 orang putra dan 2 orang putri.

            Berdasarkan hasil dari pertemuan siklus pertama menunjukan bahwa peserta didik yang tuntas sebanyak 2 orang dengan presentase 20%., sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 8 orang dengan presentase 80% dalam pembelajaran senam lantai guling depan. Sedangkan pada pertemuan akhir peserta didik yang tuntas sebanyak 10 orang dengan presentase 100%, sedangkan tidak tuntas 0%.

Kesimpulan penelitian adalah meningkatkan pembelajaran senam lantai guling depan pada peserta didik kelas IV sekolah dasar negeri 3 guntung payungdengan mengunakan pendekatan tutor teman sebaya yang banyak meningkatkan nilai dalam pembelajaran senam lantai guling depan.

 

Kata Kunci :Analisis, Peningkatan Pembelajaran Senam LantaiGuling Depan, Tutor Teman Sebaya.

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

 

RIZKI EKA YUNIANTI, NIM A1D115236, 2019, Analysis of Front Bolt Floor Gymnastic Learning Improvement Using the Peer Friend Tutor Approach in Grade IV Students of Guntung Payung 3 Elementary School.Thesis Departement of Sports and Health Education. Lambung Mangkurat University. Advisor. (I) Drs. Said Abdillah M.Pd (II) Edwin Wahyu Dirgantoro S.Or, M.Pd.

                    The purpose of this study was to find out the Improvement of Front Bolt Floor Gymnastic Learning in Grade IV Students of Guntung Payung 3 Elementary School.

The method used in this study is Descriptive (Qualitative) with observation data collection techniques, and documents.

                    The population in this study were fourth grade students of 1 Guntung Payung State Elementary School 2018/2019 academic year totaling 10 students, consisting of 8 sons and 2 daughters.

               Based on the results of the first cycle meeting, it shows that students complete as many as 2 people with a percentage of 20%. While the incomplete ones are 8 people with 80% percentage in front roll floor gymnastic learning. While the final meeting of students who completed as many as 10 people with a percentage of 100%, while not complete 0%.

                    The conclusion of the study is to improve front roll floor gymnastic learning in fourth grade students of public elementary school 3 guntung umbrella using a peer tutoring approach that increases the value in front roll floor gymnastic learning.

 

Keywords : Analysis, Increased front roll floor gymnastic learning, Peer 
                    Tutor.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI