DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA ARR FLOWERS DALAM PEMBELAJARAN MENGENAL BILANGAN 1 SAMPAI 10 UNTUK SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS I SDLB B/C DHARMA WANITA BANJARMASIN
PENGARANG:LIDYA AULIA RAHMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-04


ABSTRAK

Lidya Aulia Rahmi, 2019. Pengembangan Media Arr Flowers dalam Pembelajaran Mengenal Bilangan 1 Sampai 10 Untuk Siswa Tunagrahita Ringan Kelas I SDLB B/C Dharma Wanita Banjarmasin. Jurusan Pendidikan Khusus Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Tahun Akademik 2018/2019. Pembimbing (I) Utomo, M. Pd (II) Septi Aryanti, M. Pd.

 

Kata Kunci:MediaArr Flowers, Mengenal Bilangan 1 sampai 10, Tunagrahita Ringan.

Permasalahan yang ditemukan pada kedua siswa tunagrahita ringan di sekolah SDLB B/C Dharma Wanita Banjarmasin kelas I adalah siswa kesulitan dalam memahami pembelajaran mengenal bilangan 1 sampai 10 khususnya dalam mengenali bilangan 6 sampai 10, menghitung jumlah benda yang sesuai dengan angkanya, dan mengurutkan bilangan 1 sampai 10 secara acak. Hal tersebut dikarenakan terbatasnya media pembelajaran yang menarik dan efektif di dalam kelas sehingga siswa kurang motivasi, tidak konsentrasi, dan cepat merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media Arr Flowers dalam pembelajaran mengenal bilangan 1 sampai 10 dan untuk mengetahui efektivitas dari media Arr Flowers.

Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) atau yang sering disebut dengan metode penelitian dan pengembangan.  Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan model ADDIE dengan 5 langkah, yaitu: (1) Analyze atau analisis, (2) Design atau perancangan, (3) Development atau pengembangan, (4) Implementation atau implementasi, dan (5) Evaluation atau evaluasi. Subyek dalam penelitian ini adalah 2 orang siswa tunagrahita ringan kelas I SDLB B/C Dharma Wanita Banjarmasin.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa uji validasi media dan materi yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi memperoleh persentase 88,51% dan 94,16%, sehingga rata-rata yang diperoleh pada analisis kevalidan media yaitu 91,33%. Selanjutnya adalah menghitung penilaian dari tes post-test dengan persentase 84% dan 90% pada lembar respon angket siswa, sehingga dapat diketahui hasil rata-rata pada analisis keefektifan media yaitu 87%. Berdasarkan persentase diatas, maka dapat disimpulkan bahwa media arr flowers dapat dikategorikan “Layak” untuk dijadikan sebagai media pembelajaran pada siswa tunagrahita ringan kelas I di SDLB B/C Dharma Wanita Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI