DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ISYARAT ANAK TUNARUNGU KELAS 1 SDLB B/C DHARMA WANITA BANJARMASIN
PENGARANG:NOR AZIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-04


ABSTRAK 

Nor Azizah 2019. “ Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Isyarat Anak Tunarungu Kelas 1 SDLB B/C Dharma Wanita Banjarmasin”. Skripsi Program Studi Pendidikan Khusus Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Dosen Pembimbing (1) Bapak Dr. Ali Rachman, M.Pd, (2) Ibu Mirnawati, M.Pd. 

Kata Kunci : media kartu bergambar, berbahasa isyarat, anak tunarungu  

Masalah pada penelitian ini yaitu ditemukan dua anak tunarungu yang memiliki kemampuan berbahasa isyarat yang rendah sehingga kesulitan dalam berkomunikasi baik dalam pembelajaran maupun dalam aktivitas sehari-hari, maka salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berbahasa isyarat adalah dengan menggunakan media Kartu Bergambar. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media Kartu Bergambar efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa isyarat pada anak tunarungu. 

Pendekatan penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan dokumentasi, metode yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan pre-eksperimen dengan desain one group pre-test – post-test yang dimana diberikan tes awal (pre-test) yaitu dilakukan sebanyak 1 kali sebelum diberikannya treatmen, selanjutnya pemberian treatmen menggunakan media Kartu Bergambar sebanyak tiga kali treatmen, dan setelah itu dilakukan tes akhir (post-test) sebanyak 1 kali setelah diberikan treatmen. Subjek pada penelitian ini adalah dua orang anak tunarungu kelas 1 SDLB B/C Dharma Wanita. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan bahasa isyarat anak tunarungu pada pre-test adalah 23 % dan kemampuan berbahasa isyarat pada post-test adalah 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media Kartu Bergambar efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa isyarat pada anak tunarungu. Serta dari hasil penelitian tadi media Kartu Bergambar bisa menjadi salah satu media penunjang dalam mengajarkan bahasa isyarat kepada anak tunarungu.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI