DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MURAL DI KECAMATAN BANJARMASIN BARAT KOTA BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN (STUDI ATAS TUJUAN DAN NILAI YANG TERKANDUNG DALAM MURAL)
PENGARANG:MUHAMMAD RANDI ANTARIKSA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-04


Antariksa, Muhammad Randi. 2019.Mural Di Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan (Studi Atas Tujuan dan Nilai yang terkandung dalam Mural). Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Alfisyah, Pembimbing (II) Lumban Arofah.

Kata Kunci : Mural, Tujuan, Nilai

 

            Mural merupakan salah satu bentuk seni visual yang ada di jalanan. Mural juga sering disebut sebagai street art, karena mural itu sendiri merupakan seni yang lahir dan tumbuh di jalanan. Dalam membuat mural, para pelaku biasanya mempunyai tujuan dan fungsi ke dalam pembuatan mural tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk : (1). Untuk mengetahui tujuan mural oleh pembuat mural (2). Untuk menjelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam mural.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian yang digunakan adalah analisis dengan langkah-langkah reduksi data, data display, dan verification.

Hasil penelitian menemukan bahwa: (1). Mural mempunyai berbagai macam tujuan oleh para pelakunya. Berbagai macam tujuan tersebut diantaranya : mengekspresikan bentuk pemikiran, merubah pola pikir, memotivasi, ajang sosialisasi, menyalurkan bakat, memperindah tembok, menjadi juara dan menjadi terkenal. Adapula tujuan tersembunyi yang ingin disampaikan oleh para pelaku mural khususnya pada point view di Pelabuhan Lama dan gedung di Teluk Tiram diantaranya : merubah pandangan tentang melihat mural, secangkir kopi dapat memberikan ide, mengkampanyekan “save” bekantan, sadar diri sebelum mengeluh tentang asap (merokok) dan membuat masyarakat bersimpati tentang keadaan yang ada di Palestina. (2). Mural mempunyai nilai-nilai yang ditumbuhkan oleh para pelakunya. Nilai yang ditumbuhkan dalam mural-mural tersebut didapat dengan melihat apa tujuan dibuatnya mural tersebut oleh para pelaku. Beberapa nilai-nilai yang ingin ditumbuhkan ke dalam mural tersebut diantaranya: nilai vital, nilai intelektual, nilai moral atau etis, nilai watak, nilai kenikmatan, nilai kehidupan dan nilai sosial.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan sebaiknya: (1). Sebaiknya dalam membuat mural, anak-anak street art di kota Banjarmasin dapat menjalin hubungan kerja sama dengan pemerintah dalam membuat mural. Hubungan kerja sama itu dapat disesuaikan dengan program pemerintah dalam membuat kota Banjarmasin menjadi lebih indah, rapi dan berseni (2). Sebaiknya dalam membuat mural, anak-anak street art di kota Banjarmasin dapat mengajukan proposal izin kegiatan dalam membuat mural di wilayah tertentu, agar mural yang dibuat tidak dinggap sebagai vandalisme.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI