DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK PADA SISWA BERKESULITAN BELAJAR KELAS VIII DI SMP NEGERI 15 KOTA BANJARBARU
PENGARANG:Rusdi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-05


Kata Kunci : media video animasi, menulis naskah drama satu babak, siswa berkesulitan belajar. 
 
Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan pada siswa berkesulitan belajar kelas VIII di SMP Negeri 15 Kota Banjarbaru yang mengalami kesulitan dalam  menulis naskah drama satu babak dalam hal mengungkapkan ide, gagasan dan imajinasi mereka dalam bentuk tulisan. Media yang digunakan guru sangat terbatas, guru lebih terpaku menggunakan buku paket dan LKS sebagai pegangan dalam pembelajaran. Berdasarkan permasalahn tersebut penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video animasi terhadap kemampuan menulis naskah drama satu babak pada siswa berkesulitan belajar kelas VIII di SMP Negeri 15 Kota  Banjarbaru. Subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VIII terdiri dari 1 orang laki-laki dan 2 orang perempuan. Jenis penelitan dalam penelitian ini adalah eksprimen.. Desain pada penilitian ini adalah pre-eksperimental one-group pre-test-post-test. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, dan teknik nontes (dokumentasi). Analisis data dilakukan secara statistik deskripsi dengan membandingkan kemampuan awal menulis naskah drama satu babak siswa berkesulitan belajar (pre-test), kemampuan akhir setelah diberikan perlakuan (posttest), dan uji statistik non parametrik teknik analisis data uji peringkat bertanda wilcoxon (Wilcoxon Signed Rank Test). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif media video animasi terhadap kemampuan menulis naskah drama satu babak siswa berkesulitan belajar kelas VIII di SMP Negeri 15 Kota Banjarbaru. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata pre-test dan post-test. Perolehan nilai rata-rata pre-test 40,33 (sebelum diberikannya treatment/perlakuan) dan perolehan nilai rata-rata posttest 66,00 (sesudah diberikannya treatment/perlakuan). Hasil uji statistik non parametrik Wilcoxon sign rank test, diperoleh Zh 1,633 > Zt 1,282, atau tingkat signifikansi (α ) 0,102 > 0,10, maka sesuai dengan aturan hipotesis yang ditetapkan, H0 ditolak dan Ha diterima. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media video animasi berpengaruh positif terhadap kemampuan  menulis naskah drama satu babak pada siswa berkesulitan belajar kelas VIII di SMP Negeri 15 Kota Banjarbaru, terbukti dari adanya peningkatan nilai rata-rata post-test.
 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI