DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kinerja Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemeliharaan Sungai dan Drainase Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Studi Kasus di Kelurahan Kuripan Kecamatan Banjamasin Timur)
PENGARANG:HELDIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-05


ABSTRAK

 

Heldiana, D1A115040, 2019. Kinerja Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemeliharaan Sungai Dan Drainase Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (Studi Kasus di Kelurahan Kuripan Kecamatan Banjarmasin Timur). Di Bawah Bimbingan Bapak Nurul Azkar.

          Kinerja Organisasi merupakan hal yang penting untuk diketahui sebagai suatu gambaran mengenai tingkat pencapaian hasil dari kegiatan yang telah dilaksanakan. Berbagai upaya yang telah dilakukan untuk mengoptimalkan pelaksanaan kegiatan, namun masih ditemukan fakta-fakta bahwa banyak terdapat sampah, gulma, dan sedimen (lumpur) yang menumpuk di saluran drainase.

          Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Kinerja UPT DPUPR dalam pemeliharaan drainase di Kelurahan Kuripan Kecamatan Banjarmasin Timur. 2) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat Kinerja UPT DPUPR dalam pemeliharaan drainase.

          Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumen. Dengan Teknik analisis data antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

          Hasil penelitian menunjukan bahwa Kinerja UPT DPUPR dalam pemeliharaan sungai dan drainase di Kelurahan Kuripan Kecamatan Banjarmasin Timur sudah dilakukan secara optimal mampu membuat drainase menjadi bersih dan berfungsi dengan baik. Namun terkesan tidak optimal karena beberapa hambatan salah satunya yaitu faktor situasional dari masyarakat sekitar karena tidak berperan aktif melaksanakan tanggungjawab untuk memelihara drainase khususnya drainase lokal dan menjaga prasarana dan sarana drainase perkotaan. Hambatan tersebut dapat diminimalisir jika didukung oleh sistem kerja yang jelas dan fasilitas kerja yang memadai serta adanya upaya untuk mensinergikan kerja sama dengan masyarakat dalam pemeliharaan drinase.

 

Kata Kunci: Kinerja Organisasi, Drainase, Pemeliharaan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI