DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MANFAAT SUSTAINABILITY REPORTING: INVESTIGASI PERSEPSI MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI
PENGARANG:NADIRA ATHAYASRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-05


ABSTRAKSI

 

Nadira Athayasri, (2019). Manfaat Sustainability Reporting: Investigasi Persepsi Mahasiswa Jurusan Akuntansi.

Pembimbing: Dr. Wahyudin Nor, SE, M.Si, Ak, CA.

 

            Globalisasi yang terjadi saat ini menyebabkan perkembangan tingkat kesadaran dan upaya perusahaan untuk berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat  dan pelestarian lingkungan sekitar perusahaan tersebut berada. Hal tersebut sesuai dengan kandungan dalam Sustainable Development Goals (SDGs), yang di Indonesia telah diatur dalam Peraturan Presiden No. 59 Tahun 2017. Salah satu bentuk dukungan yang dilakukan oleh perusahaan ialah dengan mengungkapkan kinerja non-keuangan melalui Sustainability Reporting.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh lingkup dan jenis informasi, periode waktu pengungkapan, dan komitmen perusahaan atas persepsi mahasiswa jurusan akuntansi terhadap manfaat Sustainability Reporting. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 160 mahasiswa akuntansi dari 58 Perguruan Tinggi yang tersebar di 26 Provinsi di Indonesia. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan regresi linier berganda.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkup dan jenis informasi serta komitmen perusahaan berpengaruh terhadap persepsi mahasiswa akuntansi atas manfaat Sustainability Reporting, sedangkan periode waktu pengungkapan tidak memiliki pengaruh terhadap persepsi mahasiswa akuntansi atas manfaat Sustainability Reporting. Selain itu, diketahui bahwa mahasiswa akuntansi berpendapat bahwa manfaat paling penting yang dihasilkan oleh sustainability reporting ialah terciptanya perilaku etis dan adanya peningkatan kesadaran akan permasalahan lingkungan dan sosial oleh perusahaan serta berperan dalam peningkatan reputasi perusahaan.

 

Kata Kunci:     Sustainability Reporting, Persepsi, Lingkup dan Jenis Informasi, Periode Waktu Pengungkapan, Komitmen Perusahaan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI