DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERFORMANS AYAM BROILER YANG DIBERI PAKAN ADITIF SARI DAUN KELOR (Moringa oleifera Lam.) dan RIMPANG KUNYIT(Curcuma longa Linn.)
PENGARANG:AYU LESTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-05


AYU LESTARI.  Performans Ayam Broiler yang Diberi Pakan Aditif Sari Daun Kelor (Moringa oleifera Lam.) dan Rimpang Kunyit (Curcuma longa Linn.) di bawah bimbingan Ir. Hj. Herliani dan Dr. Ika Sumantri. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh pemberian sari daun kelor dan rimpang kunyit melalui air minum terhadap performans ayam broiler dan pendapatan peternak ayam broiler.  Penelitian ini menggunakan Metode Rancangan Acak Lengkap  (RAL), dengan lima perlakuan dan lima ulangan, perlakuan terdiri atas P0: Ayam broiler yang diberi perlakuan air minum tanpa sari daun kelor dan  rimpang kunyit,  P1: Ayam broiler yang diberi perlakuan air minum sari  daun kelor 5%,  P2: Ayam broiler yang diberi perlakuan air minum sari rimpang kunyit 5%,  P3: Ayam  broiler yang diberi perlakuan air minum kombinasi sari daun kelor 2,5% dan rimpang kunyit 2,5%, dan P4:  Ayam  broiler yang diberi perlakuan air minum kombinasi sari daun kelor 5% dan rimpang kunyit 5%.   Peubah yang diamati dalam penelitian ini adalah konsumsi ransum, bobot badan akhir, pertambahan bobot badan, konversi ransum, dan Income Over Feed Cost/ IOFC.

Hasil penelitian menunjukan bahwaPemberian sari daun kelor dan rimpang kunyit melalui air minum secara nyata dapat meningkatkan performans ayam broiler, yaitu terhadap konsumsi ransum, bobot badan akhir, pertambahan bobot badan, konversi ransum, dan nilai IOFC  serta Kombinasi sari daun kelor dan rimpang kunyit masing-masing sebanyak 2,5% memberikan hasil yang terbaik, yaitu bobot badan tertinggi, pertambahan bobot badan tertinggi, konversi ransum terendah dan nilai IOFC tertinggi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI