DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pelaksanaan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi di SMP Negeri 1 Banjarmasin
PENGARANG:RAHMAT SYAFARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-05


Pendekatan saintifik adalah metode pembelajaran yang digunakan dalam kurikulum 2013. Pendekatan ini menekankan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Penilaian yang digunakan dalam pendekatan ini ialah penilaian autentik. Penilaian autentik menuntut beberapa aspek penilaian, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendekatan saintifik pada pembelajaran puisi di SMP Negeri 1 Banjarmasin. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data yang digunakan ialah RPP materi puisi dengan pendekatan saintifik, hasil observasi proses pembelajaran puisi dengan pendekatan saintifik, hasil wawancara dengan guru dan peserta didik tentang proses pembelajaran puisi dengan pendekatan saintifik, dan hasil belajar peserta didik tentang pembelajaran puisi dengan pendekatan saintifik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendekatan saintifik dalam pembelajaran puisi di SMP Negeri 1 Banjarmasin berjalan dengan cukup baik walaupun belum optimal, terutama pada kegiatan menanya. (2) Hasil belajar peserta didik dalam aspek pengetahuan cukup, hal ini berdasarkan nilai rata-rata kelas, yaitu 69,3.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI