DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS II SEKOLAH DASAR DI SLB PLUS MADANA DUN YA BANJARMASIN
PENGARANG:NORHALIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-05


ABSTRAK

 

Norhalimah, 2019. Penggunaan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunagrahita Kategori Ringan Kelas II Sekolah Dasar di SLB Plus Madana Dun Ya Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Khusus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2019/2020. Pembimbing (I) Dr. Imam Yuwono, M.Pd. Pembimbing (II) Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, M.Pd

Kata Kunci    : Media pop-up book, membaca permulaan, anak tunagrahita ringan.                                                                                                           ……...Permasalahan dalam penelitian ini adalah ditemukannya anak tunagrahita ringan yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan. Terutama kesulitan dalam mengidentifikasi huruf-huruf yang mirip, kesulitan membaca gabungan huruf yang sudah menjadi suku kata dan kata, yang ditandai dengan pelafalan kata yang tidak sesuai, sering menghilangkan huruf dari kata yang dibacanya, sering terjadi pengucapan kata dengan makna yang berbeda, mengeja masih terbata-bata, bahkan kadang sering menerka-nerka kata yang dibaca. Padahal membaca permulaan sebagai bekal pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi pelajaran di.kelas berikutnya. Oleh sebab itu, kemamapuan membaca anak harus ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan media pop-up book dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita kategori ringan kelas II sekolah dasar di SLB Plus Madana Dun Ya Banjarmasin. ………………………………………mmn   ,,,,,,,,,,Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experiment Design dengan desain penelitian Time Series Design. Efektifitas penggunaan media diukur dari hasil pretest dan hasil posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita ringan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. ………… ………… ……...Hasil.penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan yang dilihat dari perbandingan hasil pretest dan posttest. Nilai pretest yang diperoleh anak adalah O1.= 40, O2=40, O3=40, dan O4 = 43,3 dengan rata-rata nilai 40,8.pSetelah diberikan treatment menggunakan media pop-up book nilai posttest yang diperoleh anak meningkat menjadi O5 = 95, O6 = 95, O7 = 95, dan O8 = 95 dengan rata-rata nilai 95. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa media pop-up book efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membacappermulaan anak tunagrahita kategori ringan kelas II sekolah dasar ditSLB Plus Madana.Dun.Ya Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI