DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EKSTRAKSI KAYU SECANG (Caesalpinia sappan L) SEBAGAI MINUMAN KESEHATAN
PENGARANG:KHAIRIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-05


Indonesiaadalahnegarayang kaya akan rempah-rempah dansudah sejak lama memanfaatkan ramuan rempah-rempah sebagairamuantradisionalyang berkhasiat bagi kesehatan tubuh, karena sifat antioksidatifdari rempah-rempah sangat diperlukan untukmelindungi tubuh dari berbagai penyakit. Kayu secang kaya dengan banyak memfaat yaitu anti-bakteri dan anti -koagulasi dan anti-penggumpalan, yang mana kandungannya itu dapat diproleh dengan memanfaatkan kayu secang sebagai minuman kesehatan. Kandungan  kayu secang antara lain senyawa brazilin yang menghasilka  bahan pewarna makanan maupun kosmestik dan obat – obatan. Masyarakat Kalimantan pada umumnya belum banyak yang mengetahui fungsi dan manfaat dari kayu secang, dimana kayu secang hanya dalam bentuk serutan belum banyak yang memanfaatkan sebagai minuman kesehatan herbal sedangkan didaerah pulau jawa kayu secang dijadikan sebagai minuman kesehatan, mengkomsumsi minuman kesehatan  kayu secang setiap hari dipercaya mencegah penyakit.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan ekstrak terbaik kayu secang berdasarkan perbedaan ukuran kayu secang dan untuk mengetahui pengaruh bahan terhadap hasil ekstraksi dari sisi warna, rasa, kenampakan dan aroma berdasarkan ukuran kayu secang yang terbaik.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan faktor tunggal dengan analisis data menggunakan ANOVA dengan uji lanjut DMRT. Pada P1 kayu secang lolos 10 mesh, P2 kayu secang lolos 20 mesh, dan P3 kayu secang lolos 30 mesh.

Hasil dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan ekstraksi kayu secang terbaik adalah pada ukuran partikel lolos 30mesh dengan karakteristik, rasa 2,04 (agak suka), aroma 3,52 (sangat suka), warna  4,21 (sangat suka), kenampakan 4,01 (sangat suka)  serta pH 5,40.

Kata kunci :Ekstraksi minuman, kayu secang,minuman kesehatan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI