DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI GULING DEPAN MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 5 LOKTABAT UTARA BANJARBARU
PENGARANG:MUHAMMAD SYARIF
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-06


ABSTRAK

MUHAMMAD SYARIF. NIM.A1D115057, 2019. Analisis upaya peningkatan hasil belajar senam lantai guling depan melalui pendekatan bermain peserta didik kelas iv SDN 5 loktabat utara banjarbaru. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Drs. H. M. Kusaini, M.Pd (II) Drs. Said Abdillah, M.Pd

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan proses pembelajaran senam lantai dengan pendekatan bermain peserta didik kelas IV SDN 5 Loktabat Utara Banjarbaru.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti melakukan pengamatan dan menganalisis kegiatan tindakan kelas pada peserta didik kelas IV SDN 5 Loktabat Utara Banjarbaru.

            Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 5 Loktabat Utara Banjarbaru, semester dua tahun ajaran 2018-2019, yang berjumlah 28 peserta didik.

            Analisis data yang digunakan adalah deskriftif kualitatif dan kuantitatif. Deskriftif kualitatif dimaksudkan mendeskriftifkan hasil pengamatan kolaborator dan dibandingkan dengan jumlah siswa yang diamati. Sedangkan deskriftif kuantitatif dimaksudkan membandingkan hasil pengamatan peneliti dan kolaborator berupa perilaku siswa selama mengikuti pembelajaran.

            Indikator keberhasilan dan penelitian ini adalah: 1. Adanya peningkatan sikap siswa dalam pembelajaran senam lantai guling depan melalui pendekatan bermain. 2. Adanya peningkatan proses pelaksanaan pembelajaran senam lantai melalui pendekatan bermain.

            Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian maka kesimpulan yang dapat diambil, sebagai berikut: melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan kemampuan senam lantai guling depan peserta didik kelas IV SDN 5 Loktabat Utara Banjarbaru.

Kata kunci : pembelajaran senam lantai guling depan dengan pendekatan bermain  

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI