DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penggunaan media pembelajaran Big Books untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak tunagrahita sedang kelas II SDLB Negeri Pangkalan Bun Tahun Ajaran 2016/2017
PENGARANG:GITA DAMAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-06


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media Big Bookspada tunagrahita sedang kelas II SDLB Negeri Pangkalan Bun. Anak tunagrahita yang kapasitas belajarnya terbatas mengalami kesulitan dalam belajar membaca permulaan, karena anak tunagrahita memiliki keterbatasan dalam hal-hal yang bersifat abstrak, lemah dalam hal memusatkan perhatian dan konsentrasi, mudah lupa dan cenderung pasif. Maka, media Big Booksadalah metode yang cocok dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan.Pendekatan menggunakan kualitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah Peneliti Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian yang digunakan adalah model PTK yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart, yang menggunakan sistem spiral refleksi dimulai dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi yaitu untuk mengamati aktivitas siswa dalam pembelajaran dan tes yang dilaksanakan pada awal penelitian dan pada akhir setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa penggunaan media Big Booksdapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SDLB Negeri Pangkalan Bun. Peningkatan keterampilan membaca permulaan dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas. Persentase pencapaian nilai rata-rata keterampilan membaca pada pratindakan sebesar 52%, pada siklus I rata-rata 59% dan pada siklus II sebesar 70%. Peningkatan didasarkan pada proses keterampilan membaca permulaan menggunakan media Big Books 1) siswa mengamati gambar media Big Booksyang disiapkan oleh guru, 2) siswa memprediksi isi cerita dalam Big Books, 3) siswa diberi contoh membaca Big Booksdengan lafal dan intonasi yang jelas, 4) mencocokan prediksi siswa dengan cerita yang telah dibaca, 5) siswa memperhatikan contoh membaca guru membacakan dengan menunjukkan kata tiap kata, 6) siswa berkomentar dan bertanya terkait cerita dalam Big Books, 7) siswa mengikuti yang dibaca oleh guru dengan menunjukkan kata yang dibaca, 8) siswa secara berkelompok dan individu membaca cerita dalam Big Books.Kata kunci: Keterampilan membaca permulaan, media Big Books.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI