DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA PGRI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:Said Ahmad Zulfi Fathullah
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-09-25


Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA PGRI 1 Banjarmasin”. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan pengaruh pemanfaatan internet terhadap hasil belajar Geografi Siswa Kelas X SMA PGRI 1 Banjarmasin.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA PGRI 1 Banjarmasin tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel penuh yang berjumlah 80 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data primer dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan metode angket (Kuesioner), sedangkan pengumpulan data sekunder menggunakan metode studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase, uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji linieritas, serta uji hipotesis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Tingkat signifikan hasil analisis ditentukan sebesar 5%.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan Internet sebagai sumber belajar berada pada kategori sedang dari semua variabel, hal ini dibuktikan dengan hasil dari keempat variabel bebas yaitu: browsing sebanyak 36 siswa (45%) tergolong kategori sedang, resourching sebanyak 31 siswa (38,75%) tergolong kategori sedang, searching sebanyak 39 siswa (48,75%) tergolong kategori sedang, consulting & communicating sebanyak 50 siswa (62,5%) tergolong kategori sedang. Pemanfaatan Internet sebagai sumber belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA PGRI 1 Banjarmasin tahun ajaran 2016/2017, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis regresi linier berganda hasil Fhitung > Ftabel yaitu 2,664 > 2,49 pada taraf 5% dan nilai Sig < nilai Sig 5% yaitu 0,039 < 0,05. Kontribusi pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar sebesar 12,4 % sedangkan sisanya 87,6 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar.
Kata Kunci: Pemanfaatan Internet, Hasil Belajar Geografi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI