DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI 35 BANJARMASIN
PENGARANG:DESSY EMILDA ANGRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-06


Hasil belajar IPS siswa rendah disebabkan karena sarana dan prasarana yang kurang, pembelajaran yang masih berpusat pada guru, dan siswa kurang berminat dalam pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat berpengaruh terhadap jalannya proses pembelajaran serta tercapainya tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 35 Banjarmasin.

Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian control group pre-test post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII C sebagai kelas kontrol dan kelas VII A sebagai kelas ekperimen. Teknik uji hipotesis yang digunakan adalah uji korelasi product moment. Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai rxy= 0,4150684 lebih besar dari rtabel 5%= 0,349 yaitu 0,349 < 0,4150684 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 35 Banjarmasin.

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble, Hasil Belajar

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI