DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN GURU PENDIDIKAN JASMAN DALAM MENANAMKAN KARAKTER KEPADA PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 2 LOKTABAT SELATAN BANJARBARU
PENGARANG:DINA ERIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-06


ABSTRAK

Dina Eriani, NIM. A1D115003. Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Menanamkan Karakter Kepada Peserta Didik di SD Negeri 2 Loktabat Selatan Banjarbaru. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Pembimbing (1) Drs. H. Sarmidi M,kes (II) Mita Erliana S.Pd, M.Or.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru pendidikan jasmani dalam menanamkan karakter kepada peserta didik dengan metode kualitatif. Pemilihan subjek menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani di SD Negeri 2 Loktabat Selatan Banjarbaru, selain itu, terdapat juga informan pelaku dan informan tahu yang terdiri dari Kepala sekolah, Guru Kelas III, dan salah satu peserta didik. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Validitas hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan member check.

Hasil kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru pendidikan jasmani dalam menanamkan karakter kepada peserta didiknya sudah berjalan dengan sesuai dalam proses pembelajaran maupun diluar jam pembelajaran. Bagi para peserta didik dapat menanamkan sifat sopan santun, dan saling hormat-menghormati, guru pendidikan jasmani mampu menunjukkan kewajibannya sebagai pengajar dan memberikan nilai-nilai keagamaan yang baik yaitu dengan mengajarkan nilai-nilai religius dan juga sikap-sikap seperti disiplin, jujur, bertanggung jawab, bersikap tegas dan mengajarkan peserta didik untuk berpikir kreatif.

Dari hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa: Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Menanamkan Karakter Kepada Peserta Didik di SD Negeri 2 Loktabat Selatan Banjarbaru.

  Kata Kunci : Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Menanamkan Karakter Kepada Peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI