DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA 1 MUHAMMADIYAH MENGGUNAKAN MODUL FISIKA BERWAWASAN KEARIFAN LOKAL ( LOCAL WISDOM )
PENGARANG:Hasiarni Fahrunnisa
PENERBIT:PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
TANGGAL:2017-12-14


Proses pembelajaran masih belum di kaitkan pada pengalaman langsung anak, hal
ini terlihat pada aktivitas siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran. Kurangnya
aktivitas siswa dalam proses pembelajaran berdampak pada hasil belajar siswa
yang rendah. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil
belajar siswa SMA 1 muhammadiyah Banjarmasin menggunakan modul fisika
berwawasan kearifan lokal . Tujuan khusus penelitian adalah untuk
mendeskripsikan: (1) keterlaksaan RPP, (2) pencapaian aktivitas siswa, (3)
peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah PTK model kemmis dan
Mc Taggart terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian siswa kelas XI SMA 1
Muhammadiyah Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi
yang dinyatakan dengan rubrik aktivitas siswa dan tes yang nyatakan dengan tes
hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan RPP
siklus I terlaksana dengan kategori baik dan siklus II terlaksana dengan sangat
baik, (2) aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II dicapai dengan kategori baik
(3) Hasil belajar siswa pada siklus I belum mengalami ketuntasan secara
klasikal dan siklus II sudah tuntas secara klasikal. Diperoleh simpulan bahwa
penggunaan modul fisika berwawasan kearifan lokal pada materi fluida dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI SMA 1 Muhammadiyah
Banjarmasin.


Kata kunci : Modul, hasil belajar, fluida, kearifan lokal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI