DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 31 BANJARMASIN
PENGARANG:IMELDA INDAH SAVITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-06


Kemampuan berpikir kritis adalah salah satu dari empat kemampuan yang sangat penting dan harus dimiliki siswa untuk menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 pada abad 21 saat ini. Kemampuan berpikir kritis dapat diasah dan dikembangkan melalui pendidikan salah satunya dengan pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil diskusi dengan salah satu guru matematika kelas VII di SMP Negeri 31 Banjarmasin, permasalahan yang sering muncul pada saat proses pembelajaran berlangsung adalah siswa lebih cenderung menghafal dari pada memahami konsep sehingga menyebabkan siswa kurang terlatih mengembangkan kemampuan berpikir dalam menyelesaikan masalah dan menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari kedalam suatu permasalahan. Salah satu upaya untuk meminimalkan masalah tersebut serta membekali siswa kemampuan berpikir kritis adalah melalui penerapan model pembelajaranproblem based learning. Berdasarkan hal tesebut dilakukan penelitian di SMP Negeri 31 Banjarmasin yang bertujuan untuk (1) menganalisispeningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model problem based learning, (2) mengetahui respon siswa kelas VII dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model problem based learning, (3) menganalisis hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan respon siswa kelas VII terhadap model problem based learning.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental design dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 31 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 180 siswa. Teknik sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan berpikir kritis yang dicapai siswa kelas VII E secara keseluruhan berada pada kategori tinggi, (2) siswa kelas VII E memberikan respon setuju terhadap pelaksanaan model problem based learning dan (3) terdapat hubungan yang sangat kuat antara kemampuan berpikir kritis dengan respon siswa kelas VII E terhadap model problem based learning.

 

 

 

Kata kunci: peningkatan kemampuan berpikir kritis, respon, model problem based learning.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI