DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DI SMP NEGERI SE-BANJARMASIN TENGAH | |
PENGARANG | : | DESY ANGRAINI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-08-06 |
Menyelesaikan soal cerita merupakan salah satu aspek yang sulit dilakukan oleh siswa karena dalam menyelesaian soal cerita siswa harus dapat memahami terlebih dahulu isi dalam soal cerita sehingga siswa sering melakukan berbagai kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi bangun ruang sisi datar berdasarkan prosedur Newman. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN Se-Banjarmasin Tengah. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling. Dari enam sekolahpada populasi dipilih tiga sekolah. Sampel penelitian sebanyak 335 siswa dari tiga sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan jenis kesalahan yang termasuk kategori cukup tinggi terjadi pada kesalahan transformasi (transformation errors/T). Kategori kecil terjadi pada kesalahan membaca (reading erros/R), kesalahan memahami (comprehension errors/C), kesalahan keterampilan proses (process skills errors/P), dan kesalahan penulisan jawaban akhir (ecoding errors/E)
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI