DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IDENTIFIKASI SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA SOAL UJIAN NASIONAL SMP BERDASARKAN TEORI TAKSONOMI BLOOM REVISI
PENGARANG:DIPA AYU FITRIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-07


Ujian nasional (UN) merupakan salah satu cara pemerintah dalam mengevaluasi tingkat pendidikan secara nasional. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan pada UN. Pada tahun 2016/2017 dan 2017/2018 terjadi penurunan hasil UN salah satunya mata pelajaran matematika. Penurunan tersebut disebabkan adanya soal HOTS. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan soal HOTS pada UN matematika tahun ajaran 2016/2017 dan tahun ajaran 2017/2018, serta mendeskripsikan peningkatan jumlah soal HOTS yang ada pada UN tahun ajaran 2016/2017 dengan tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan berdasarkan aspek telaah HOTS menurut Taksonomi Bloom revisi. Aspek telaah  HOTS berdasarkan Taksonomi Bloom adalah ranah menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi. Sampel pada penelitian diambil masing-masing 3 paket pada UN matematika SMP tahun ajaran 2016/2017 dan tahun ajaran 2017/2018. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase. Berdasarkan hasil penelitian banyaknya soal yang termasuk HOTS pada UN matematika SMP tahun ajaran 2016/2017 hanya berada pada level kognitif C4 dan pada tahun ajaran 2017/2018 soal HOTS berada pada level kognitif C4 dan level kognitif C5, dan terjadi peningkatan jumlah soal HOTS. Level kognitif C4 mendominasi ranah kognitif soal-soal HOTS yang ada pada UN tahun ajaran 2016/2017 dan 2017/2018, serta terjadi peningkatan soal HOTS yang berada pada level kognitif C5 pada UN tahun ajaran 2017/2018. Namun dari hasil penelitian tidak ditemukannya soal HOTS yang tergolong kedalam level kognitif C6 pada UN matematika tahun ajaran 2016/2017 dan tahun ajaran 2017/2018.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI