DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN, SISTEM PENGENDALIAN INTERN, DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI PADA SKPD KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH TAHUN 2017)
PENGARANG:Juliannoor
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-07


ABSTRAKSI

 

Juliannoor (2019). Pengaruh Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan, Sistem Pengendalian Intern, dan Kompetensi Sumber Daya Manusia terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi pada SKPD Kabupaten Hulu Sungai Tengah Tahun 2017). Pembimbing: Novika Rosari, SE, M.Si, Ak, CA.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan standar akuntansi pemerintahan, sistem pengendalian intern, dan kompetensi sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan pada Satuan Kerja Perangkat Daerah  Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 4125 jumlah pegawai dari 37 Satuan Kerja Perangkat Daerah yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 111 responden dari 37 Satuan Kerja Perangkat Daerah terdiri dari kantor, badan, dinas, kecamatan, dan sekretariat. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket yaitu menyebarkan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan uji signifikansi parameter individual (uji t) dan uji simultan (uji f).

Hasil pengujian menunjukkan bahwa: (1) penerapan standar akuntansi pemerintahan berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. (2) sistem pengendalian intern tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. (3) kompetensi sumber daya manusia berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

 

Kata Kunci:   Penerapan standar akuntansi pemerintahan, sistem pengendalian intern, kompetensi sumber daya manusia, kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI