DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN BELITUNG SELATAN 2 BANJARMASIN
PENGARANG:FERRY TEGUH WIDIYANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-08


PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III

 UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

DI SDN BELITUNG SELATAN 2 BANJARMASIN

 

ABSTRAK

 

            Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mengembangkan video pembelajaran dengan pendekatakan kognitif pada mata pelajaran IPA dengan materi energi dan sumber energi (2) Mengukur kelayakan video pembelajaran dengan pendekatan kognitif pada mata pelajaran IPA pada materi energi dan sumber energi (3) Meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN Belitung Selatan 2 Banjarmasin.

            Jenis penelitian yang digunakan dalam pengembangan video pembelajaran ini adalah Reseach and Development sedangkan desain penelitian pengembangan video pembelajaran IPA menggunakan model ADDIE. Adapaun prosedur pengembangannya memiliki 5 tahapan yaitu : Analysis, Design, Development, Implimentation dan Evaluation.

            Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan : (1) Video pembelajaran yang telah dikembangkan menunjukkan kelayakan untuk di implimentasikan hal ini terbukti dari presentase ahli media dilihat dari aspek mutu teknis 72% dan dari aspek media 83,6% yang masuk kedalam kategori “sangat baik” sedangkan presentase ahli materi dari aspek kesesuaian materi 84%,  aspek kualitas materi 81,8% dan aspek media 82,2% yang masuk kedalam kategori “Sangat Baik”. (2) Video pembelajaran dengan pendekatakan kognitif pada mata pelajaran IPA berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa hal ini ditandai dengan rata-rata skor per anak meningkat dari 53,0 menjadi 76,6. Pada hasil uji N-gain diperoleh nilai sebesar 0,49 yang menunjukkan bahwa peningkatan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan tergolong tinggi antara sebelum menggunakan video pembelajaran dan sesudah menggunakan video pembelajaran.

 

Kata Kunci : Pengembangan Video Pembelajran, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran IPA

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI