DIGITAL LIBRARY



JUDUL:APRESIASI MUSIK PANTING DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA PADA SISWA KELAS XII UPW 2 SMK NEGERI 4 BANJARMASIN
PENGARANG:Muzayyin fitri putra perdana
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-08


ABSTRAK

 

Muzayyin Fitri Putra Perdana. 2016.Apresiasi Musik Panting Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Pada Siswa Kelas XII UPW 2 SMK Negeri 4 Banjarmasin”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Sumasno Hadi, S.Pd, M.Phil.: (II) Dr. Rusma Noortyani, M.Pd.

 

Kata kunci: Apresiasi Musik Panting, Seni Budaya, Seni Musik.

                    Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah kurangnya pengetahuan, pelestarian, dan pengenalan pembelajaran terhadap musik tradisional khusus nya musik panting sehingga musik tersebut kurang dikenal oleh generasi muda khususnya para pelajar. Rumusan masalah penelitian ini, ialah (1) Bagaimana apresiasi musik Panting di XII UPW 2 SMK Negeri 4 Banjarmasin?, (2) Bagaimana teknik pelaksanaan apresiasi musik Panting di XII UPW 2 SMKN 4 Banjarmasin?, (3) Faktor-faktor apakah yang menjadi penunjang serta penghambat dalam pelaksanaan apresiasi musik Panting di XII UPW 2  SMKN 4 Banjarmasin?. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Proses apresiasi musik Panting di XI UPW 2 di SMKN 4 Banjarmasin, (2) Tekhnik pelaksanaan Apresiasi musik Panting di XI UPW 2 di SMKN 4 Banjarmasin, (3) Faktor-faktor yang menjadi penghambat dan penunjang  apresiasi musik Panting di XI UPW 2 di SMKN 4 Banjarmasin.

 

Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Dengan menggunakan metode penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan data secara objektif dan lengkap. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dan wawancara kepada narasumber yang berkenaan dengan penelitian. Selain itu, digunakan pula dokumentasi berupa foto yang menjadi bukti fisik untuk mendukung penelitian.

 

Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan (1) Proses pembelajaran apresiasi musik panting di SMK Negeri 4 Banjarmasin kelas XII UPW 2 berjalan dengan lancar. Perubahan pengetahuan siswa terhadap kesenian daerah khususnya musik panting meningkat. (2) Siswa banyak mendapat pengentahuan lebih terhadap kesenian daerah khususnya musik panting dengan setelah mengapresiasi video dan secara langsung pertunjukkan musik panting. Hal tersebut berpengaruh pada sikap siswa dalam pelestarian kesenian daerah khususnya musik panting. (3) Faktor-faktor yang menghambat pengetahuan siswa dalam mengenal musik daerah khususnya musik panting sudah teratasi dengan adanya pemberian materi dan apresiasi melalui video maupun secara langsung.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI