DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERSPEKTIF SISWA TERHADAP PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 6 BANJARMASIN
PENGARANG:ANNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-08


ABSTRAK

        Peran guru dalam pembelajaran sangat banyak namun peran guru yang seperti apa yang mampu mempermudah siswa menerima pelajaran. Untuk itu dilakukan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui perspektif siswa terhadap peran guru dan bagaimana peran guru dalam pembelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 6 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menurut Model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perspektif siswa terhadap peran guru sebagai motivator adalah guru yang mampu memberikan dorongan kepada siswa, mengulangi pelajaran ketika siswa tidak memahami pelajaran tersebut, dan guru yang memberikan hukuman kepada siswa yang tidak mampu menjawab pertanyaan. Adapun perspektif siswa peran guru sebagai evaluator adalah bahwa guru yang mampu mengevaluasi siswa dan mampu memberikan kesimpulan pada saat pembelajaran dan dapat memahami pelajaran. Adapun perspektif siswa terhadap peran guru perspektif siswa peran guru sebagai fasilitator adalah guru yang memberikan fasilitas kepada siswa, bukannya hanya sarana dan prasarana. Guru yang memberikan fasilitas kepada siswa dengan memberikan buku atau bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam belajar. Perspektif siswa terhadap peran guru sebagai inovator yaitu guru mampu memberikan perubahan pada proses belajar. Pembelajaran yang dilakukan di kelas harus dilakukan perubahan agar tidak bosan. Guru yang berinovator adalah guru yang mampu melakukan perubahan pada pembelajaran yang dimana misalnya dengan menggunakan metode yang berbeda dari yang pernah dilakukan sebelumnya. Perspektif siswa terhadap peran guru sebagai pembimbing yaitu guru mampu memberikan pengarahan untuk belajar dan memberikan pengarahan kepada siswa jika belum paham dengan materi yang diberikan dan membimbing siswa dalam belajar serta guru memberikan cara untuk saya dapat menjawab atau mengikuti  pelajaran dengan benar. Peran guru dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 6 Banjarmasin antara lain adalah sebagai motivator, evaluator, fasilitator, inovator, dan pembimbing.

 

Kata kunci: perspektif, peran guru

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI