DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Bentuk Penyajian Pertunjukan Teater Tradisional Japin Carita di Banjarmasin Kalimantan Selatan
PENGARANG:SUKMA
PENERBIT:FKIP
TANGGAL:2017-12-14


Kata Kunci: Bentuk Penyajian dan Struktur, Teater Tradisional Japin Carita

 

Teater japin carita umumnya menceritakan tingkah polah kehidupan masyarakat, tentang perkawinan, percintaan, kerajaan, dan lain sebagainya. Sebelumnya terjadi bujuk-bujukan (babujukan) dengan stilisasi tari japin, yang lambat-laun berubah menjadi tarian gembira oleh anak muda. Penelitian ini melatarbelakangi bentuk penyajiannya seperti: Pertunjukan, bentuk, struktur dan alat-alat musik yang dipakai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk dan struktur teater tradisional japin carita mulai dari awal masuk sampai akhir pementasan disitu ada tata cara masuk yang harus dipatuhi oleh pemain.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Artinya data-data penelitian dikumpulkan dalam bentuk deskripsi maupun penjelasan atau gambaran fakta secara menyeluruh, berdasarkan tujuan penelitian. Pengumpulan data menggunakan  teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukan koponen-komponen penyajian teater tradisional japin carita yaitu: (I) pembukaan tarian japin (II) jalan cerita/alur (III) setiap kali adegan masuk selalu dengan tarian japin (IV) permasalahan dalam kisah/konflik (V) penyelesaian masalah (VI) penutup diakhri dengan tarian japin. Kostum japin carita: menggunakan pakaian sehari-hari tergantung pekerjaan seorang tokoh tersebut. Tempat: dilapangan/depan rumah, ataupun didalam gedung pertunjukan. Musik: panting, biola, babun, agung (gong) besar dan kecil, kaprak dan tamborin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI