DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan E-Learning Academiana Berbasis Moodle Untuk Mata Kuliah Komunikasi Pendidikan Pada Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP ULM
PENGARANG:AGUNG SETIAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-08


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan produk e-learning melalui aplikasi moodle 3.6.3 untuk mata kuliah komunikasi pendidikan pada Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP ULM. (2) Mengetahui tingkat kelayakan e-learning yang sudah dikembangkan.

            Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementasi and Evaluation). Pertama, tahap analisis, analisis penggunaan e-learning ULM. Kedua, tahap desain, pembuatan  desain media yaitu berupa flowchart dan storyboard. Ketiga, tahap pengembangan, pembuatan produk media dan revisi dari ahli. keempat tahap implementasi, uji coba dilakukan pada mata kulliah komunikasi pendidikan di Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP ULM. Kelima, tahap evaluasi, berdasarkan angket dosen ahli media, dosen pengampu mata kuliah dan mahasiswa dapat disimpulkan bahwa media e-learning academianamempunyai kriteria yang sangat baik dan layak untuk digunakan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) angket evaluasi ahli media, (2) angket pengguna. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, angket, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Penilaian produk dinilai oleh ahli media, dosen dan 55 jumlah mahasiswa Teknologi Pendidikan FKIP ULM.

            Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Produk e-learning berhasil dikembangkan dengan sebuah sistem manajemen pembelajaran (LMS) yang dikembangkan dari software aplikasi moodle. (2) Flowchart yang dihasilkanmerupakan alur kerja dari sistem e-learning, hal ini berguna untuk petunjuk arah program yang ada di e-learning. (3) Kelayakan media di dapat dari ahli media medapatkan nilai 95,26% (sangat baik), uji pengguna perorangan mendapat nilai 95,83% (sangat baik), uji kelompok kecil mendapatkan nilai 85,12% (sangat baik) dan  uji kelompok besar mendapatkan nilai 91,7% (sangat baik).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI