DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di MTs Negeri 2 Banjarmasin
PENGARANG:RABIATUL ADAWIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-08


Strategi Pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di MTs Negeri 2 Banjarmasin ABSTRAK Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD, hasil belajar, Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui pelaksanaan strategi pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Negeri 2 Banjarmasin, 2) Mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan strategi pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Negeri 2 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa siklus, diantaranya siklus I, siklus II, dan siklus III. Langkah-langkah dari Cooperative Learning tipe STAD adalah; 1) Penyampaian tujuan dan motivasi, 2) Pembagian kelompok, 3) Presentasi dari guru, 4) Kegiatan belajar dalam tim (kerja tim), 5) Kuis/evluasi, 6) Penghargaan prestasi tim. Hasil penelitian ini adalah : 1) Pretest diawal menghasilkan nilai 1260 dengan rata-rata 63%, hasil dari siklus I adalah 1360 dengan rata-rata 68%, dilanjutkan dengan siklus II, hasilnya adalah 1640 dengan rata-rata 82%, terakhir siklus III dengan hasil 1920 rata-rata 96%. Hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI