DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII MTS ASSANABIL BANJARMASIN
PENGARANG:REGYNA PUTRI RAMADHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-08


ABSTRAK Regyna Putri Ramadhan. 2019. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Pendekatan Konstruktivistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII MTs Assanabil. Skripsi, Program Studi, Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I : Dr. H. Hamsi Mansur, M.Pd. Pembimbing II : Monry Fraick Nicky G.R, M.Pd Kata Kunci : R&D, Multimedia Pembelajaran, Hasil belajar. Penelitian ini bertujuan; 1) Mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dengan pendekatan konstruktivistik untuk kelas VII di MTs Assanabil Banjarmasin, 2) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dengan pendekatan konstruktivistik untuk kelas VII di MTs Assanabil Banjarmasin, 3) mengetahui hasil penggunaan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dengan pendekatan konstruktivistik untuk kelas VII di MTs Assanabil Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan research and development (R&D) untuk menghasilkan produk media pembelajaran ini mengadopsi pada model desain Borg and Gall. Adapun tahap pengembangannya melalui 10 tahap, yaitu; 1) tahap pengumpulan informasi, 2) tahap perencanaan, 3) tahap pengembangan produk awal, 4) tahap uji coba lapangan awal, 5) tahap revisi hasil uji coba lapangan awal, 6) tahap uji coba lapangan sedang, 7) tahap revisi hasil uji coba lapangan sedang, 8) tahap uji coba pelaksanaan lapangan, 9) tahap revisi produk akhir, 10) diseminasi dan implementasi. Hasil penelitian ini adalah : 1) Multimedia pembelajaran ini menunjukan kelayakan yang terbukti dengan persentase rata-rata dari validasi ahli media 94% dan hasil validasi ahli materi 97,5% yang keduanya termasuk dalam kriteria sangat valid. 2) Hasil persentase kemenarikan produk menurut siswa kelas VII MTs Assanabil Banjarmasin menunjukan 95,5%, termasuk kriteria sangat valid. 3) Hasil analisis belajar siswa menggunakan uji N-Gain adalah 0,75 yang termasuk kedalam kategori sangat tinggi. 4) Hasil analisis data penggunaan multimedia pembelajaran melalui rumus uji t-test satu sampel, menghasilkan thitung = 3,650> ttabel = 2,120, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum menggunakan multimedia pembelajaran dan sesduah menggunakan multimedia pembelajaran. Maka hasil pengembangan yang telah dilakukan mampu meningkatkan hasil belajar.
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI