DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MODUL PENUNJANG PEMBELAJARAN TEMATIK MATERI IPS TEMA “DAERAH TEMPAT TINGGALKU” UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV DI MI ASSANABIL BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD PENDY RUSADY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-08


PENGEMBANGAN MODUL PENUNJANG PEMBELAJARAN TEMATIK MATERI IPS TEMA “DAERAH TEMPAT TINGGALKU” UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV                              DI MI ASSANABIL BANJARMASIN

 

MUHAMMAD PENDY RUSADY

 

ABSTRAK

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan modul dan dihasilkan produk modul penunjang pembelajaran tematik materi  IPS “Daerah Tempat Tinggalku” yang layak dan meningkatkan minat belajar untuk siswa kelas IV MI Assanabil, yang dapat digunakan sebagai penunjang sumber belajar bagi siswa.

Prosedur pengembangan ini mengacu pada model pengembangan (research and development) Borg & Gall. Pengembangan modul tematik ini dilakukan dengan 10 tahapan, Subjek uji coba adalah siswa kelas IV MI Assanabil Banjarmasin, yang terdiri dari uji coba lapangan awal 3 siswa, uji coba lapangan 7 siswa, uji coba pelaksanaan lapangan 21 siswa. Teknik dan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif.

Pada penelitian ini diperoleh produk akhir berupa modul penunjang pembelajaran tematik materi IPS tema “Daerah Tempat Tinggalku” yang layak untuk digunakan dan bernuansa Islami. Hal ini dibuktikan dari hasil penilaian produk oleh ahli media dinyatakan layak (3,85), hasil penilaian produk oleh ahli materi dinyatakan layak (3,08). Hasil uji coba lapangan awal dinyatakan dengan 3 siswa layak (0,89), hasil uji coba lapangan dengan 7 orang siswa dinyatakan layak (0,91) dan hasil uji coba pelaksanaan lapangan dengan 21 siswa dinyatakan layak (0,91). Berdasarkan hasil uji N- gain, peningkatan minat belajar siswa mendapat nilai gain sebesar (0,82).

 

 

Kata Kunci : Pengembangan Modul, Pembelajaran Tematik, IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI