DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris dengan Pendekatan Konstruktivistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV di SDN Telaga Biru 4 Banjarmasin
PENGARANG:LUSIYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-08


ABSTRAK Lusiyanti, 2019. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Dengan Pendekatan Konstruktivistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV Di SDN Telaga Biru 4 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I: Dr. H. Hamsi Mansur, M.M.Pd. Pembimbing II: Rafiudin, M.Pd Kata Kunci : Multimedia Pembelajaran Interaktif, R&D, Hasil belajar Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran bahasa Inggris dengan pendekatan konstruktivistik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Telaga Biru 4 Banjarmasin, 2) Mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran bahasa Inggris dengan pendekatan konstruktivistik untuk siswa kelas IV di SDN Telaga Biru 4 Banjarmasin 3) Mengukur hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran bahasa Inggris dengan pendekatan konstruktivistik kelas IV di SDN Telaga Biru 4 Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall. Model ini memiliki 10 tahap, yaitu : 1) pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba lapangan awal, 6) uji coba lapangan sedang, 7) revisi hasil uji coba lapangan sedang, 8) uji coba pelaksanaan lapangan, 9) revisi produk akhir, 10) desiminasi dan implementasi. Hasil penelitian ini adalah : 1) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif yang menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan 10 tahap, secara keseluruhan multimedia pembelajaran ini dikategorikan layak untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris kelas IV pada tingkat sekolah dasar, 2) Kelayakan media pembelajaran menggunakan multimedia pembelajaran interaktif yang diukur oleh ahli materi dan ahli media dinyatakan layak. 3) Penggunaan multimedia pembelajaran interaktif dapat mempengaruhi hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa Inggris, hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai siswa berdasarkan nilai pre-test dan post-test, terdapat perbedaan yang cukup tinggi karena kemampuan siswa menjadi meningkat setelah menggunakan multimedia pembelajaran interaktif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI