DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS IX SMPN 24 BANJARMASIN
PENGARANG:Y ULIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-08


ABSTRAK

 

Yuliani. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran E-book dengan Pendekatan Behavioristikuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswapada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)Siswa Kelas IX SMPN 24 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I : Dr. H. Ahmad Sofyan, M.A. Pembimbing II :  Agus Hadi Utama, M.Pd.

Kata Kunci : R&D, Media Pembelajaran, E-Book, Hasil Belajar.

 

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengembangkan media pembelajaran e-book dengan pendekatan behavioristikuntuk meningkatkan hasil belajar siswapada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)siswa kelas IX SMPN 24 Banjarmasin, 2) Mengukur validitas media pembelajaran e-bookdengan pendekatan behavioristikpada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)pokok bahasan bioteknologi untuk siswa kelas IX SMPN 24 Banjarmasin,3) Mengukur hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran e-bookdengan pendekatan behavioristikpada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)pokok bahasan bioteknologi siswa kelas IX SMPN 24 Banjarmasin.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa e-book. Desain yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran ini mengadopsi pada model desain Borg and Gall. Adapun tahap pengembangannya melalui 10 tahap, yakni; 1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, 2) perencanaan, 3) pengembangan format produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba lapangan awal, 6) uji coba lapangan, 7) revisi hasil uji coba lapangan, 8) uji lapangan, 9) penyempurnaan produk akhir, serta 10) desiminasi dan implementasi.

Hasil penelitian ini adalah : 1) Media pembelajaran ini menunjukkan kelayakan yang terbukti dengan presentase rata-rata dari validasi ahli isi (materi) 93,3% dan hasil validasi ahli media (desain) pembelajaran 86% yang keduanya termasuk katagori valid, 2) Hasil presentase tingkat kemenarikan produk/media menurut siswa kelas IXC SMPN 24 Banjarmasin menunjukkan 90,5% termasuk katagori valid, 3) Hasil analisis belajar siswa menggunakan uji N-Gain adalah 0,8 yang termasuk dalam klasifikasi tinggi,4) Hasil analisis data penggunaan media melalui rumus uji t-test satu sampel, menghasilkan t hitung = 4,457> t tabel = 2,036, sehingga terdapat perbedaan pada hasil belajar siswa sebelum menggunakan media pembelajaran dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Maka hasil pengembangan yang telah dilakukan mampu meningkatkatkan hasil belajarsiswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI