DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI MODEL STAD UNTUK KEBERLANJUTAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI SISTEM ORGANISASI MAKHLUK HIDUP PADA KELAS VII SEMESTER GENAP
PENGARANG:SUNNY AZMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-13


IMPLEMENTASI MODEL STAD UTUK KEBERLANJUTAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI SISTEM ORGANISASI MAKHLK HIDUP PADA KELAS VII SEMESTER GENAP (Oleh: Sunny Azmi; Pembimbing: Maya Istyadji, Ellyna Hafizah; 2019, 56 halaman)

 

 

                                      ABSTRAK

 

 

           Model pembelajaran STAD membantu peserta didik untuk menguasai konsep.Keberlanjutan penguasan konsep merupakan kemampuan mendasar yang harus dimiliki peserta didik untuk mempelajari konsep lainnya. Pembelajaran biasanya akan diakhiri dengan peilaian tiap topik, dari penilaian itu dapat dilihat keberlanjutan pemahaman konsep peserta didik antar topik . Tujuan dari penelitian ini adalah : (1).  Mengetahui penguasan konsep peserta didik setelah menggunakan konsep STAD, (2). Mengetahui keberlanjutan penguasaan konsep pada peserta didik setelah dilakukan perlakuan. Teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas VII B SMPN 14 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriftif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Terdapat perbedaan yang signifikanpenguasaan konsep terhadap keberlanjutan penguasaan konsep sistem organisasi kehidupan makhluk hidup sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menerapkan model STAD dan perangkat pendukung pembelajaran dalam proses belajar mengajar pada kelas VII SMP Negri 14 Banjarmasin, (2) Terdapat perbedaan keberlanjutan penguasaan konsep peserta didik sebelum dan sesudah proses pembelajaran degan menggunakan model STAD.

 

Kata kunci: Penguasaan konsep, keberlanjutan pemahaman   

 

                 konsep,STAD.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI