DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PERAN LEMBAGA FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (FKUB) DALAM MEMBINA KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA DI KELURAHAN GADANG BANJARMASIN
PENGARANG:AMELIA WARDANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-13


Amelia Wardani, 2019. Implementasi  Peran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam Membina Kerukunan Umat Beragama di Kelurahan Gadang Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Dr. Hj. Rabiatul Adawiah, M.Si, Pembimbing (II) Muhammad Elmy, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Implementasi, Peran FKUB, Kerukunan, Umat Beragama

Kesadaran akan persatuan dikalangan masyarakat sangat diperlukan, sebagai Warga Negara harus memiliki kesadaran terhadap keberagaman, memiliki rasa tenggang rasa, rasa persatuan, rasa kekeluargaan dan rasa keadilan  terhadap sesama diwujudkan dengan sikap toleransi dan menghargai eksistensi perbedaan. Faktanya permasalahan antar umat beragama dan pemahaman yang radikal semakin banyak terjadi diberbagai wilayah Indonesia sehingga masyarakat perlu bimbingan dan pengawasan dalam mencegah dan mengatasi masalah antar umat beragama. Melalui peran FKUB dalam membina kerukunan umat beragama sebagai usaha untuk mencegah dan mengurangi kesalahpahaman masyarakat dalam mengartikan dampak negatif yang akan diterima dan dirasakannya akibat perbedaan yang besar dalam suatu masyarakat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi peran yang dilakukan oleh FKUB dalam membina kerukunan umat beragama, dan untuk mengidentifikasi cara masyarakat membangun hubungan antar umat beragama dalam mewujudkan kerukunan umat beragama.

Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dipilih secara “purposive sampling”, dan pengumpulan data dilakukan dengan teknis observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) FKUB melaksanakan sosialisasi pemeliharaan kerukunan umat beragama; melaksanakan dialog lintas agama;  dan melaksanakan penataran keharmonisan dalam keberagaman. 2) melakukan komunikasi dengan para tokoh semua agama; menjalin keakraban dan membina kebersamaan; tidak mengungkit ungkit kejelekan/kelemahan agama lain; meningkatkan kepedulian sosial dimasyarakat; saling tolong menolong; dan saling menebar kasih sayang.

Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan agar pengurus FKUB lebih mengoptimalkan pelaksanaan perannya dalam membina kerukunan umat beragama dan pada masyarakat agar lebih menjaga kerukunan antar umat beragama dalam kehidupan sehari-hari

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI