DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KOMITMEN ORGANISASI DENGAN KEDISIPLINAN ANGGOTA UKM RESIMEN MAHASISWA
PENGARANG:NOOR ANITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-14


ABSTRAK

 

Anita, Noor,  2019, Hubungan Komitmen Organsasi dengan Kedisiplinan Anggota Resimen Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Rabiatul Adawiah, (II) Mariatul Kiptiah.

 

Kata Kunci : Resimen Mahasiswa, Komitmen Organisasi dan Kedisiplinan Anggota

 

Resimen Mahasiswa Indonesia bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa yang memiliki sikap disiplin, pengetahuan, fisik dan mental agar mampu melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi serta menanamkan dasar-dasar kepemimpinan dengan tetap mengacu pada tujuan pendidikan nasional. Berdasarkan pernyataan tersebut mengandung arti bahwa sikap disiplin harus ditanamkan pada generasi muda mengingat begitu pentingnya karakter disiplin baik dalam lingkungan pendidikan maupun di masyarakat. Salah satu variabel yang diasumsikan berpengaruh terhadap kedisiplinan anggota Menwa Universitas Lambung Mangkurat adalah komitmen organisasi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, yaitu dengan cara mencari informasi tentang gejala yang ada, didefinisikan dengan jelas tujuan yang akan di capai, merencanakan cara pendekatannya, mengumpulkan data sebagai bahan untuk membuat laporan. Dalam penelitian ini, penulis ingin mengetahui atau mengukur ketertakaitan antara komitmen organisasi dengan kedisiplinan anggota Menwa Universitas Lambung Mangkurat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) komitmen organisasi menunjukkan bahwa komitmen organisasi di dalam organisasi Resimen Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat termasuk salah satu faktor dalam mempengaruhi jalannya suatu organisasi. 2) kedisiplinan Anggota menunjukkan bahwa kedisiplinan anggota di dalam organisasi Mewa Universitas Lambung Mangkurat mempunyai tingkat kesadaran tinggi dalam mematuhi aturan 3) terdapat hubungan yang positif antara komitmen organisasi dengan kedisiplinan anggota Resimen Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat dengan rhitung sebesar 0,610 dan rtabel untuk taraf signifikan (a) sebesar 0,320.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar peneliti selanjutnya untuk menggunakan variabel lain selain komitmen organisasi, seperti motivasi, gaya  kepemimpinan, budaya organisasi, dan lainnya sehingga bermanfaat bagi pihak tempat penelitian serta pihak lainnya dalam meningkatkan kedisiplinan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI