DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGARUH KARAKTER RASA INGIN TAHU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DI SMP NEGERI 31 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | EKA FEBRIANTI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-08-14 |
Eka Febrianti, Chairil Faif Pasani, Arif Sholahuddin
Pendidikan IPA, Jurusan PMIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat
Jl. Brigjend. H. Hasan Basry, Pangeran, Banjarmasin Utara 70123
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter rasa ingin tahu (curiosity), hasil belajar IPA, dan korelasi antara karakter rasa ingin tahu dengan hasil belajar IPA kelas VIII E SMPN 31 Banjarmasin dengan menerapkan guided inquiry. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimetn dengan desain penelitian equivalen time series design. Kelas yang dijadikan sampel penelitan yakni kelas VIII E. Ada dua variabel dalam penelitian ini yakni model inkuiri terbimbing atau guided inqury sebagai variabel bebas serta karakter rasa ingin tahu (curiosity) dan hasil belajar IPA sebagai variabel terikat. Adapun penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Untuk menganalisis data menggunakan analisis deskriptif untuk rasa ingin tahu (curiosity) dan analisis statistik inferensial menggunakan uji korelasi untuk menganalisis hubungan karakter rasa ingin tahu dengan hasil belajar IPA. Hasil penelitian pada penelitian ini yakni (1) Karakter rasa ingin tahu (curiosity) peserta didik dengan di kelas VIII E meningkat; (2) Hasil belajar IPA peserta didik pada kategori baik; (3) Terdapat hubungan antara karakter rasa ingin tahu dengan hasil belajar IPA dengan mengaplikasikan model inkuiri terbimbing di kelas VIII E SMPN 31 Banjarmasin.
Kata kunci: Karakter Rasa Ingin Tahu, Hasil Belajar, Model Inkuiri Terbimbing
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI