DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Mutimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran PKN Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di SDN Atu-Atu Pelaihari
PENGARANG:RATIH UTAMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-14


ABSTRAK

 

 

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan produk Multimedia PKN yang layak pada tema pahlawanku untuk siswa kelas IV SDN Atu-Atu dan (2) mengetahui peningkatan hasil belajar PKN dengan menggunakan multimedia pembelajaran untuk siswa kelas IV SDN Atu-Atu.

 

Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan jenis prosedural yang diformulasikan oleh Alessi & Trollip. Desain pengembangan dengan menggunakan model tersebut terdiri dari tiga fase, yaitu: (1) perencanaan, (2) desain, dan (3) pengembangan. Subyek coba dalam penelitian pengembangan, yaitu:  ahli materi dan  ahli media pada uji alfa, kemudian 28 siswa kelas IV SDN Atu-Atu dilakukan uji beta. Pengumpulan data menggunakan instrumen analisis kebutuhan untuk siswa dan guru, lembar validasi produk untuk ahli materi, lembar validasi produk untuk ahli media, kuisioner untuk pengguna, dan tes hasil belajar.

 

Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil validasi : (a) validasi pada aspek materi rerata penilaian sebesar 3,7 dengan kriteria "Sangat Layak" dan dinyatakan layak untuk diujikan pada tahap yang selanjutnya,. (b)validasi pada aspek kemudahan media memperoleh rerata penilaian 3,5 dengan kriteria  “Sangat Layak” dan pada aspek tampilan media dengan rerata penilaian 3,45 dan berkriteria “Sangat Layak” dan dinyatakan untuk diujicobakan pada tahapan selanjutnya. (c) validasi pengguna pada aspek tampilan 3,74 dan pada aspek keefektivitas bagi pengguna 3,7 dengan kriteria “Sangat Layak” jadi uji coba penilaian validasi kelayakan di peroleh hasil media yang sangat layak digunakan. (2) Kelayakan produk multimedia pembelajaran pada mata pelajaran PKn  untuk meningkatkan hasil belajar pada aspek perkembangan kognitif. Hasil dari uji beda (N-gain skor) terhadap nilai pretest dan postest  dengan  rerata nilai 0,71 dengan kategori tingkat N-gain “Sedang”,  menunjukan bahwa adanya perbedaan yang signifikan dari presentasi ketuntasaan hasil belajar pada data postest menunjukan presentasi ketuntasan 100% sehingga penggunaan multimedia pembelajaran terbukti efektif  digunakan sebagai sumber belajar yang baik. 

 

Kata Kunci: Pengembangan Multimedia, Hasil Belajar, PKN

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI